Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Sebut Perubahan Iklim Indonesia Makin Kompleks

Jumat, 08 April 2022 – 05:06 WIB
BMKG Sebut Perubahan Iklim Indonesia Makin Kompleks - JPNN.COM
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan Indonesia menghadapi tantangan bencana dan perubahan iklim yang makin kompleks dan penuh ketidakpastian. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Indonesia menghadapi tantangan bencana dan perubahan iklim yang makin kompleks dan penuh ketidakpastian.

Oleh karena itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan zero victim menjadi sistem yang selalu dibangun oleh instansinya.

Dia menyebut tolok ukur keberhasilan sistem peringatan dini, yakni berada pada zero victim.

Hal itu diungkapkan Dwikorita saat memberi sambutan dalam acara Webinar Talkshow Dewan Pembelajar BMKG Corporate University & Ekspos Inovasi Aksi Perubahan Alumni, Jakarta, Kamis (7/4).

Menurut Dwikorita, BMKG terus memacu seluruh sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki untuk membangun sistem peringatan dini multibencana yang tidak hanya cepat, tetapi juga tepat dan akurat.

"Peringatan dini ya benar-benar harus dini. Prediksinya harus cepat, tepat, dan akurat. Dengan begitu, kami bisa menekan jumlah kerugian materil dan nyawa akibat bencana," ungkap

Dwikorita menilai perlu aksi mitigasi yang terstruktur, sistematis, dan massif.

BMKG juga terus berbenah dan mendorong untuk menjadi Center of Excellence menyusul keharusan organisasi untuk mengubah paradigma pengelolaan ASN menjadi Human Capital.

BMKG menyebutkan Indonesia menghadapi tantangan bencana dan perubahan iklim yang makin kompleks dan penuh ketidakpastian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close