Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG: Waspada Potensi Hujan Deras di Wilayah Jabodetabek 8-12 Januari 

Rabu, 08 Januari 2020 – 14:33 WIB
BMKG: Waspada Potensi Hujan Deras di Wilayah Jabodetabek 8-12 Januari  - JPNN.COM
Ilustrasi hujan di wilayah Jakarta. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan intensitas sedang hingga hujan deras  masih berpotensi terjadi.

Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan. Gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia.

"Pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara, sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek," kata Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo dikutip JPNN.com dari laman resmi www.bmkg.go.id, Rabu (8/1).

Berdasar kondisi tersebut, BMKG menyampaikan prakiraan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek.

Pada 8 Januari 2020 diprediksikan potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi mulai siang hari di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Bekasi bagian barat, dan pada malam hari di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Kemudian 9-10 Januari 2020, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat atau  petir (thunderstorm) bisa terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor.

"Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam," ungkap Mulyono. 

Kemudian pada 11-12 Januari 2020, secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya.

BMKG menyampaikan prakiraan potensi hujan sedang dan hujan di wilayah Jabodetabek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close