Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNI Jadi Pengumpul Setoran Uang Tol Bali

Senin, 23 September 2013 – 20:19 WIB
BNI Jadi Pengumpul Setoran Uang Tol Bali - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) terpilih menjadi bank pengumpul uang setoran tol Bali yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Bali Tol (JBT).

"BNI juga dipercaya sebagai bank yang melakukan cash pickup atau pengambilan uang setoran tol terbaru di Bali," ujar Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo di Jakarta, Senin (23/9).

Dikatakan Gatot bahwa proyek Jalan tol Bali ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat yang termasuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI) yang membagi pembangunan Indonesia ke dalam 6 Koridor Ekonomi.

"Jadi, selain untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah Bali, jalan tol ini diperlukan sebagai salah satu fasilitas utama dalam mendukung pelaksanaan APEC Summit 2013, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Bagi BNI, pembangunan jalan tol Bali ini merupakan perwujudan dari dukungan kami terhadap percepatan pembangunan infrastruktur," paparnya.

Selain mendukung pembiayaan melalui sindikasi kredit bersama lima bank, BNI juga memperoleh manfaat berupa didapatkannya sumber dana murah dari hasil pengendapan setoran tol Bali tersebut. Lima bank tersebut yakni Bank Mandiri, BRI, BCA, BTN, dan BPD Bali

Sindikasi keenam bank tersebut membiayai pembangunan jalan tol Bali senilai Rp 1,739 triliun atau sebagian dari total kebutuhan pembangunannya yang mencapai Rp 2,485 triliun.

BNI sendiri memberikan pembiayaan senilai Rp 445 miliar atau 25,6 persen dari total kredit. Perjanjian kredit sindikasi ini telah ditandatangani pada Juni 2012 lalu.

PT Jasamarga Bali Tol (JBT) didirikan pada tanggal 22 Agustus 2011, oleh Jasa Marga bersama konsorsium tujuh perusahaan lain yang sebagian besar merupakan BUMN, yaitu PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, PT Pengembangan Pariwisata Bali, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan PT Hutama Karya. JBT didirikan untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa di Bali yang menghubungkan Bandar Udara Ngurah Rai, pelabuhan Benoa, dan daerah wisata Nusa Dua. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) terpilih menjadi bank pengumpul uang setoran tol Bali yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Bali Tol (JBT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA