Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Botswana Lolos Pertama

Putaran Final Piala Afrika 2012

Senin, 28 Maret 2011 – 21:20 WIB
Botswana Lolos Pertama - JPNN.COM
JOHANNESBURG - Lupakan dulu Mesir, Kamerun, Afrika Selatan (Afsel), atau Ghana. Sebab, bukan negara-negara raksasa itu yang lolos pertama ke putaran final Piala Afrika 2012, melainkan Botswana. Kali pertama dalam sejarah, Botswana lolos pertama di ajang sepak bola terbesar Benua Afrika itu.

Botswana menjadi tamu pertama Gabon dan Equatorial Guinea, dua negara tuan rumah yang lolos otomatis di putaran final yang diikuti 16 tim tersebut. Sukses Botswana sangat mengejutkan mengingat negara di bagian selatan Afrika itu hanya memiliki penduduk tidak lebih dari dua juta jiwa.

Lolosnya Botswana ditentukan lewat kemenangan 1-0 di kandang Chad kemarin dini hari (27/3). Gol Jerome Ramatlhakwane pada menit ke-45 memastikan si Zebra - julukan Botswana - merebut satu dari dua tiket lolos di grup K. Dengan 16 poin dari enam laga, Botswana unggul sembilan poin dari peringkat ketiga Tunisia.

Sekalipun menyapu bersih tiga laga sisa, Tunisia yang baru memainkan lima laga itu tidak mungkin menggeser Botswana. Tunisia yang juara Piala Afrika 2004 itu praktis tinggal bersaing dengan peringkat kedua Malawi (9 poin, lima laga). Sebagai catatan, grup K juga dihuni Togo. Namun, negara Emmanuel Adebayor itu sudah tersisih setelah tidak pernah menang dan hanya tiga kali seri dalam enam laga.

JOHANNESBURG - Lupakan dulu Mesir, Kamerun, Afrika Selatan (Afsel), atau Ghana. Sebab, bukan negara-negara raksasa itu yang lolos pertama ke putaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA