Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPBD Kabupaten Bogor: 107 KK Mengungsi Akibat Tanah Longsor

Senin, 08 Mei 2023 – 16:55 WIB
BPBD Kabupaten Bogor: 107 KK Mengungsi Akibat Tanah Longsor - JPNN.COM
Lokasi kejadian bencana tanah longsor di Desa Buanajaya, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)

jpnn.com - KABUPATEN BOGOR - Bencana alam tanah longsor terjadi di Desa Buanajaya, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bogor mencatat 107 kepala keluarga yang terdiri atas 342 jiwa, mengungsi akibat bencana alam tanah longsor tersebut.

"(Mereka) mengungsi di bangunan SDN Cibeureum dan sarana ibadah," ungkap Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin di Bogor, Senin (7/5).

Dia menjelaskan peristiwa tanah longsor Minggu (7/5) dini hari itu dipicu hujan deras dengan durasi yang cukup lama di wilayah Kabupaten Bogor.

"Dikarenakan hujan deras yang berdurasi cukup lama serta kontur tanah yang labil dan terdapat mata air pada titik tersebut mengakibatkan tebingan longsor di wilayah tersebut," paparnya.

Jalal menyebutkan bahwa BPBD telah memberikan sejumlah kebutuhan dasar bagi para korban, seperti tenda pengungsi dan logistik tanggap darurat.

"Butuh penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, dikhawatirkan longsoran berdampak pada rumah warga," ujar Jalal.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan telah menetapkan daerahnya berstatus tanggap darurat bencana setelah Kabupaten Bogor dikepung bencana pada Senin (24/4) lalu.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat 107 KK yang terdiri atas 342 jiwa, mengungsi akibat bencana alam tanah longsor Desa Buanajaya, Tanjungsari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close