Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPBD Salurkan 3 Juta Liter Air Bersih Hadapi Kekeringan di Aceh Besar

Kamis, 08 Agustus 2024 – 00:00 WIB
BPBD Salurkan 3 Juta Liter Air Bersih Hadapi Kekeringan di Aceh Besar - JPNN.COM
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

jpnn.com, ACEH BESAR - Sebanyak tiga juta liter air bersih didistribusikan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di Aceh Besar yang dilanda kekeringan akibat tidak ada hujan lebih dari satu bulan terakhir.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar Ridwan Jamil dalam siaran daring bertajuk “Teropong Bencana” Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diikuti di Jakarta, Rabu (7/8).

Ridwan menjelaskan pendistribusian air bersih itu berlangsung bergantian sejak awal Juni hingga saat ini, dibantu oleh tim petugas gabungan terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, Tagana, yang disiagakan di delapan posko tanggap darurat.

Sumber air yang digunakan berasal dari dua tempat penampungan milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Aceh, yang salah satunya berlokasi di Kecamatan Lebung, Aceh Besar, dan objek wisata kolam Mata Ie di Kecamatan Darul.

Jumlah air bersih yang didistribusikan tersebut, kata dia, diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 19.407 warga dalam beberapa hari ke depan.

Ribuan warga yang menjadi sasaran penerima bantuan air bersih tersebut mayoritas tersebar di Kecamatan Loknga, Peukan Bada, dan Ingin Jaya.

"Syukurnya ketersediaan air dalam jumlah yang cukup aman untuk warga Aceh Besar yang membutuhkan selama masa kekeringan ini," kata Ridwan.

Hanya saja, pihaknya saat ini sedang mencari solusi dalam penambahan jumlah petugas tim gabungan dan armada mobil tangki yang siap digunakan untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

BPBD menyalurkan sebanyak tiga juta liter air bersih dalam menghadapi kekeringan di Aceh Besar.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA