Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPIP Apresiasi Cara Ganjar Mengenalkan Pancasila pada Masyakarat

Kamis, 17 September 2020 – 21:51 WIB
BPIP Apresiasi Cara Ganjar Mengenalkan Pancasila pada Masyakarat - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo bersama jajaran BPIP. Foto: YouTube JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengapresiasi gaya khas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam menyampaikan dan mengedukasi masyarakat terkait ideologi Pancasila.

Plt Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP, Ani Purwanti mengatakan saat ini masyarakat memang membutuhkan cara-cara seperti yang dilakukan Ganjar.

"Kami melihat Pak Ganjar ini banyak sekali yang dilakukan, itu tidak normatif, tetapi karena (nilai) Pancasila dalam tindakan itu dilakukan betul-betul oleh Pak Ganjar secara santai dan tidak kaku," kata  usai menemui Ganjar di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (17/9).

Melalui gaya Ganjar, menurutnya, Pancasila tidak dilihat secara serius atau tekstual tetapi dari apa yang dilakukan atau tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Kami BPIP mempunyai tugas mengarusutamakan Pancasila di masyarakat. Kalau dengan cara kaku, normatif dan kontekstual masyarakat akan boring. Tapi dengan cara dan metode Pak Ganjar ini kami yakin akan sampai, terutama ke generasi milenial, Dengan konten positif melalui IG (Instagram), segar, dan komunikasi yang seorang pemimpin daerah lakukan sendiri." jelasnya didampingi Direktur Bidang Sosialisasi BPIP, Akbar Hadi Prabowo.

Selain itu, tujuannya menemui Ganjar juga dilakukan untuk melaksanakan program institusionalisasi. Ia melihat kelembagaan di Jawa Tengah bagus sehingga BPIP memiliki mitra dalam penyelarasan nilai Pancasila dalam peraturan daerah dan juga dalam hal mensinergikan Pancasila melalui lembaga-lembaga yang ada.

"Kami lihat Kesbangpol ini juga sebagai institusi yang menjadi wadah dari organisasi sosial politik, tokoh masyarakat, tokoh agama sehingga kami juga datang ke Jawa Tengah, kulanuwun kepada Pak Ganjar juga nanti ke Kesbangpol dan Biro Hukum Provinsi," katanya.

Sementara itu saat menemui tim dari BPIP, Ganjar Pranowo memberikan saran agar BPIP lebih kreatif lagi dalam menjelaskan ideologi dan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Selain memberikan reward kepada tokoh atau komunitas, Ganjar mengusulkan agar BPIP juga membuat konten-konten audiovisual.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan saran agar BPIP lebih kreatif lagi dalam menjelaskan ideologi dan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close