Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPIP-Kemendibudristek Berlakukan Buku Mata Kuliah Pancasila di Tahun Ajaran 2023/2024

Sabtu, 04 Maret 2023 – 18:04 WIB
BPIP-Kemendibudristek Berlakukan Buku Mata Kuliah Pancasila di Tahun Ajaran 2023/2024 - JPNN.COM
Wakil Kepala BPIP Karjono (kiri) dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof Nizam. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah merampungkan buku mata kuliah Pancasila.

Buku ini akan disusun BPIP bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai buku teks utama atau buku rujukan utama dan merupakan kurikulum wajib mata kuliah Pancasila di tahun ajaran 2023/2024.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala BPIP Karjono setelah selesai rapat koordinasi dengan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof Nizam.

Karjono menyampaikan buku tersebut menjadi rujukan untuk membuat buku oleh dosen, perguruan tinggi, maupun pihak yang berkepentingan dan hanya dapat diterapkan setelah mendapat persetujuan Mendikbudristek dan BPIP.

Buku teks utama untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Taman Kanak-kanak, Pendidikan Dasar, Perdidikan Pertama dan Pendidikan Menengah telah diselesaikan dan digunakan pada tahun ajaran 2023/2024.

“Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim sudah merilis mata ajar dan mata kuliah Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022 di Ende, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila," kata Karjono melalui keterangan yang diterima, Sabtu (4/3).

Mendikbudristek Nadiem Makarim juga menetapkan Surat Keputusan Nomor 067/Hp/2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang penetapan Buku Refetensi Pendidikan dan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam rapat koordinasi dengan Wakil Kepala BPIP Karjono dan Dirjen Dikti Prof Nizam juga dihadiri Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPIP Tonny Agung Arifianto, dan Sri Gunani Partiwi selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (mrk/jpnn)

BPIP dan Kemendikbudristek menggelar rapat koordinasi terkait penerapan buku mata kuliah Pancasila di tahun ajaran 2023/2024

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close