Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPOM Temukan Jajanan Anak Mengandung Bahan Kimia

Jumat, 07 Oktober 2011 – 11:18 WIB
BPOM Temukan Jajanan Anak Mengandung Bahan Kimia - JPNN.COM
PEKANBARU--Sejumlah Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dijual pedagang kecil disejumlah sekolah di Pekanbaru positif mengandung bahan kimia berbahaya.

Hal ini berdasarkan hasil temuan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru. Diantara PJAS yang dijual oleh para pedagang kecil itu ada yang mengandung rodhamin B dan juga kadar siklamat jenis pemanis buatan.

Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Pekanbaru, M Lumban Gaol yang di jumpai Riau Pos (Group JPNN), Kamis (6/10) siang di ruang kerjanya mengatakan, pemeriksaan yang dilaksanakan BBPOM dalam melakukan pengawasan terhadap makanan baik untuk PJAS maupun untuk makanan yang diperjual belikan di pasaran, pihaknya melakukan pemeriksaan dengan dua cara. Yakni dengan cara pengujian langsung di laboratorium dan pemeriksaan cepat dengan menggunakan fasilitas mobil keliling.

‘’Hasil yang kita temukan khusus PJAS, untuk hasil pemeriksaan cepat dengan mobil keliling langsung di sekolah tempat pedagang berjualan, untuk dalam kota Pekanbaru, dari 49 sampel makanan yang diuji satu tidak memenuhi syarat, karena mengandung rodhamin B. Jenis makanannya berupa gulali atau gula kapas,’’ katanya.

PEKANBARU--Sejumlah Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dijual pedagang kecil disejumlah sekolah di Pekanbaru positif mengandung bahan kimia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close