Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BRIN: Vaksin Merah Putih Siap-Siap Masuk Uji Klinik

Selasa, 25 Januari 2022 – 23:35 WIB
BRIN: Vaksin Merah Putih Siap-Siap Masuk Uji Klinik - JPNN.COM
Ilustrasi - Vaksin COVID-19. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas Kepala PRBM Eijkman Wien Kusharyoto mengungkapkan, riset vaksin Merah Putih masih berjalan, yang berbasis sel ragi dalam proses pengembangan lebih lanjut. Tingkat produksinya juga sudah sesuai dengan taraf PT. Bio Farma.

Mendukung pernyataan Wien, Peneliti Pusat Riset Biologi Molekular Eijkman-BRIN Tedjo Sasmono mengatakan, saat ini perkembangan vaksin Merah Putih sudah dalam tahap hilirisasi di mitra industri, yakni PT Bio Farma. Ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan uji pra-klinik dan klinik. 

“Semoga vaksin Covid-19 karya anak bangsa ini bisa berkontribusi dalam penangulangan pandemi dan menjadi wahana untuk kemandirian bangsa dalam riset vaksin," imbuhnya di Jakarta, Selasa (25/1).

Sementara, Periset Lab Terapeutik dan Vaksin Andri Wardiana mengatakan, sampai saat ini Indonesia belum berhasil membuat vaksin ataupun obat biologi lainnya secara mandiri.

“Dari mulai desain awal dan baru bisa transfer teknologi seperti Biofarma dan beberapa perusahaan farmasi lainnya,” terangnya. 

Menurutnya, agar Indonesia bisa memproduksi vaksin sendiri, harus dimulai dengan kerja sama banyak pihak. Dukungan secara menyeluruh dari berbagai pihak meliputi akademisi/ peneliti, pelaku industri dan pendukung lainnya, termasuk political will dari pemerintah juga diperlukan.

Andri mencontohkan, pada pengembangan vaksin Covid-19 dari Oxford/Astrazeneca berbagai macam institusi yang saling memberikan support. Berbagai institusi bekerja sama menghasilkan satu jenis vaksin yang mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) di awal.

"Program vaksin Merah Putih ini bisa dijadikan momentum untuk mewujudkan kemandirian vaksin dalam negeri," pungkas Andri Wardiana. (esy/jpnn)

Peneliti Pusat Riset Biologi Molekular Eijkman-BRIN, Tedjo Sasmono  berharap dalam waktu dekat vaksin Merah Putih masuk uji pra-kliniik dan Klinik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close