Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BSKDN Kemendagri Gandeng Koso Nippon Perkenalkan Review Program ke Daerah

Rabu, 26 Juni 2024 – 20:45 WIB
BSKDN Kemendagri Gandeng Koso Nippon Perkenalkan Review Program ke Daerah - JPNN.COM
BSKDN Kemendagri rapat dengan Koso Nippo di Jakarta, Rabu (26/6). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) menggandeng organisasi think tank Koso Nippon untuk memperkenalkan Review Program ke daerah-daerah di Indonesia.

Kolaborasi BSKDN Kemendagri dan Koso Nippon ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program-program pemerintah daerah (pemda).

Sekretaris BSKDN Noudy R.P. Tendean mengatakan kolaborasi dengan Koso Nippon merupakan bagian dari upaya Kemendagri untuk terus mendorong peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan daerah.

Secara spesifik, Noudy juga menjelaskan, Review Program merupakan metode baru dalam melakukan evaluasi terhadap program atau kegiatan yang telah dijalankan oleh Pemda dengan melibatkan masyarakat secara langsung sebagai penerima program.

Hasil evaluasinya nanti dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun rencana kerja pemerintah pada tahun selanjutnya.

"Program ini menjadi alternatif dari sekian alternatif evaluasi kebijakan yang ada secara formal legal yang ada pemerintahan kita, karena ini melibatkan masyarakat yang sudah didesain dengan bagus," kata Noudy saat memimpin Rapat dengan Koso Nippo di Ruang Rapat Pusat Strategi Kebijakan (Pustrajakan) Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik (KKPP) BSKDN, Jakarta, Rabu (26/6).

Melalui review program ini, kata Noudy, masyarakat diberikan kebebasan untuk berpendapat secara langsung terhadap program atau kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pada dasarnya program ini berfokus untuk meninjau capaian riil program khususnya terkait sejauh mana masyarakat dapat merasakan manfaat dari program yang dilaksanakan.

BSKDN Kemendagri menggandeng organisasi think tank Koso Nippon untuk memperkenalkan Review Program ke daerah-daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA