Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BTN Ajak Pemda Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional Lewat Sektor Properti

Minggu, 07 Maret 2021 – 17:40 WIB
BTN Ajak Pemda Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional Lewat Sektor Properti - JPNN.COM
Bank BTN (ilustrasi) Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengajak pemerintah daerah (Pemda) membantu dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui sektor properti.

Salah satunya dengan kemudahan perizinan dan penyediaan lahan.

Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menyatakan perhatian pemerintah pusat sangat luarbiasa terhadap sektor properti mulai dari memberikan kuota KPR subsidi, relaksasi aturan uang muka dari Bank Indonesia serta relaksasi pajak pertambahan nilai (PPN).

Sekarang saatnya pemerintah daerah (Pemda) juga memberikan perhatian yang sama dengan pemerintah pusat, seperti memberikan relaksasi kemudahan regulasi perizinan.

"Upaya menurunkan harga rumah supaya lebih murah dan terjangkau sudah dilakukan. Di pusat usaha dan perhatiannya sudah luarbiasa. Sementara di daerah memang ada beberapa pekerjaan rumah dari pemda. Menurut kami perlu ada relaksasi perizinan," ujar Nixon di sela penyerahan bantuan CSR BTN kepada 71 Desa di Surabaya, akhir pekan lalu.

Menurut Nixon relaksasi aturan perizinan sangat penting karena biaya terbesar pembangunan rumah selain material rumahnya serta fasilitas umum dan fasilitas sosial yang biayanya dibebankan di harga rumah, biaya pengurusan perizinan juga tinggi dan masih banyak yang lambat.

"Meski tidak semua sama ada Pemda yang  cepat ada juga yang lambat. Jadi kalau ada investor sudah menanamkan dana tetapi perizinannya lama jadi return-nya kecil. Karena kecepatan perizinan penting sekali," tegas Nixon.

Nixon menilai, dengan berbagai relaksasi yang dilakukan pemerintah pusat, bank sentral dan juga Pemda, maka harga jual rumah bisa ditekan, sehingga bisa lebih murah.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengajak pemerintah daerah (Pemda) membantu dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui sektor properti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close