Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Bidan pun Melahirkan dalam Perjalanan ke Puskesmas

Jumat, 14 Februari 2020 – 07:43 WIB
Bu Bidan pun Melahirkan dalam Perjalanan ke Puskesmas - JPNN.COM
Kondisi jalan menuju Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, yang sangat parah. Foto: ANTARA/Akmal Saputra

jpnn.com - Kondisi jalan yang rusak parah menyebabkan tidak sedikit warga Jorong Galugua, Nagari Galugua, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, melahirkan dalam perjalanan saat menuju puskesmas atau rumah sakit.

Hal itu terjadi, menurut bidan bernama Yunita, bila si ibu hamil tidak bisa ditangani puskesmas pembantu.

"Jalan dari sini ke lokasi puskesmas sangat sulit. Hanya bisa dilewati mobil berpenggerak 4×4. Ketika hujan deras sangat susah untuk dilalui," kata Yunita Sari, salah seorang bidan di Puskesmas Pembantu Nagari Galugua, Kamis (13/2).

Jalan yang rusak dan medan yang sulit membuat ibu-ibu melahirkan di tengah perjalanan yang di sisi kiri dan kanan jalan hanya terlihat perbukitan dengan pepohonan rimbun dan tebing tinggi.

"Saya sendiri pada tiga tahun lalu juga menjalani ini, ketika saya harus melahirkan anak pertama. Karena memang waktu tempuh ke puskesmas itu lama dan jalan yang sangat susah dilewati saya harus melahirkan anak di jalan," ujar perempuan yang telah mengabdi semenjak 2016.

Bahkan, kalau pun sampai ke puskesmas induk yang berada di Nagari Sialang, tidak jarang harus dirujuk ke rumah sakit yang lama tempuhnya lebih lima jam dari puskesmas induk tersebut.

"Dari tempat kami ke puskesmas induk sekitar dua sampai tiga jam. Kalau tidak bisa ditangani di puskesmas induk kami harus merujuk ke rumah sakit umum yang berada di Kota Payakumbuh. Bisa saja, kami pergi pagi, sampainya sudah sore atau senja," katanya.

Puskesmas induk tersebut juga belum melayani rawat inap. Ia berharap agar puskesmas dan puskesmas pembantu bisa dilengkapi dengan peralatan yang lebih baik.

Bidan Yunita cerita, banyak perempuan warga Jorong Galugua, Nagari Galugua, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, melahirkan dalam perjalanan saat menuju puskesmas atau RS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close