Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Risma Paling Moncer di Media Ketimbang Wali Kota Lain

Sabtu, 28 Desember 2019 – 21:56 WIB
Bu Risma Paling Moncer di Media Ketimbang Wali Kota Lain - JPNN.COM
Tri Rismaharini. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Indicator (I2) merilis hasil risetnya tentang figur wali kota yang yang menghiasi pemberitaan media daring. Hasil riset I2 menunjukkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendominasi pemberitaan media online ketimbang kepala daerah di kota lain.

I2 menggunakan piranti lunak artificial intelligence dalam risetnya. Dalam riset itu I2 menjaring wali kota terpegah (menguasai pemberitaan) dan tervokal (paling sering dikutip media).

“Posisi pertama Wali Kota Terpegah 2019 ditempati Tri Rismaharini dengan 15.571 berita. Selama 2019, Risma tampak menonjol dibanding wali kota-wali kota lain," ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang.

Menurut Rustika, wali kota terpegah tidak harus memberikan pernyataan di media. Namun, figurnya sudah menjadi objek pemberitaan.

Berdasarkan catatan I2, nama Risma paling banyak disorot terkait kondisi kesehatan dan wacana sebagai calon menteri sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama calon pembantunya di Kabinet Indonesia Maju. Risma juga paling sering diberitakan karena prestasinya.

Di bawah Risma ada Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dengan 7.484 berita. Selanjutnya di posisi ketiga adalah Wali Kota Pekanbaru Firdaus (6.227 berita), serta Wali Kota Bandung Oded M Danial di posisi ke-4 dengan 5.659 berita.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dengan 5.585 berita menempati posisi kelima. Di bawahnya ada Wali Kota Bogor Bima Arya (5.152 berita).

Adapun Wali Kota Semarang Hendar Prihadi berada di posisi keenam dengan 5.147 berita. Lalu Wali Kota Tangerang Arief Rachadionon (4.904 berita), Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (4.378 berita) dan Wali Kota Malang Sutiaji dengan 4.014 berita.

Risma juga menjadi jawara untuk kategori wali kota yang pernyataannya paling banyak dikutip media. Jumlahnya mencapai 40.572 pernyataan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendominasi pemberitaan media online ketimbang kepala daerah di kota lain sepanang 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close