Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Budi Gunawan: IKN Nusantara Dirancang Siap Menghadapi Pandemi  

Jumat, 25 Maret 2022 – 22:51 WIB
Budi Gunawan: IKN Nusantara Dirancang Siap Menghadapi Pandemi   - JPNN.COM
Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan. Foto: dok Humas BIN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan menyebut IKN Nusantara dirancang untuk mampu menghadapi pandemi jika kemungkinan terjadi lagi di masa mendatang.

“Desain IKN Nusantara juga mengambil berbagai pelajaran dari pandemi Covid-19, kota yang tidak saja hijau, sehat, dan berteknologi tinggi, tetapi siap menghadapi pandemi," ujar Budi dalam siaran persnya, Jumat (25/3).

Mantan Wakapolri ini mengatakan bila sejumlah orang menilai IKN belum saatnya dibangun karena sedang pandemi, tetapi justru inilah saatnya Indonesia membangun IKN sebagai contoh kota yang tangguh menghadapi pandemi.

Lulusan Akpol 1983 ini mengatakan dalam dua tahun terakhir, berbagai literatur tentang pandemic resilient cities banyak dipublikasikan, karena dipandang sebagai salah satu tantangan masa depan dunia.

Budi menuturkan desain kota yang tangguh terhadap bencana dan wabah akan melengkapi sistem ketahanan nasional dalam bidang kesehatan.

Selain itu, pembangunan dan pengembangan kemandirian produksi vaksin, obat-obatan, dan peralatan sebagai bagian dari pengembangan medical intelligence.

“Kemampuan sebuah bangsa untuk bertahan ditentukan oleh kemampuannya mengambil pelajaran dari setiap tragedi,” kata Budi.

Budi menegaskan pemerintah terus memperlonggar restriksi sosial, termasuk mencabut larangan mudik untuk lebaran 2022, karantina bagi pendatang luar negeri juga sudah dihilangkan. 

Kepala BIN Budi Gunawan menerangkan IKN Nusantara dirancang untuk siap menghadapi pandemi masa mendatang.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close