Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka FORNAS VI Sumsel, Menpora Amali: Awal yang Baik Gerakkan Olahraga Masyarakat

Sabtu, 02 Juli 2022 – 01:25 WIB
Buka FORNAS VI Sumsel, Menpora Amali: Awal yang Baik Gerakkan Olahraga Masyarakat - JPNN.COM
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah) memberikan keterangan pers seusai membuka Fornas VI Sumatera Selatan, di venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/7/2022). Foto: ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali resmi membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Palembang, Sumatera Selatan di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (1/7/2022) malam.

Pada pembukaan tersebut, Menpora Amali menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo kepada peserta FORNAS VI dan umumnya masyarakat Sumatera Selatan dan rakyat Indonesia.

"Beliau menyampaikan permohonan maaf yang sedianya hadir langsung membuka FORNAS ke-VI ini, namun berhalangan hadir lantaran bertepatan ada tugas kenegaraan di luar negeri dan mengutus kami untuk membuka ajang ini," ucap Menpora Amali.

Penyelenggaraan FORNAS ini sebagai implementasi Perpres No.86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan Undang-Undang Keolahragaan No.11 Tahun 2022 yang di dalamnya terkandung Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia.

"Olahraga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan dengan olahraga prestasi, padahal sejatinya dalam UU Keolahragaan No.11 Tahun 2022 ada tiga kelompok olahraga, yakni olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat," tutur Menpora Amali.

Jika berbicara Indonesia bugar, itu identik dengan olahraga masyarakat, karena untuk membuat bangsa ini bugar membutuhkan jumlah masyarakat besar yang datang dari olahraga masyarakat.

Melalui FORNAS ini yang merupakan pestanya olahraga masyarakat Nasional, memiliki magnet hingga 34 Provinsi dengan peserta lebih dari 11.000 pada edisi ke-VI tahun 2022 ini.

Olahraga masyarakat sangat memegang peranan penting, karena tidak mungkin mendapatkan prestasi yang gemilang kalau dari hulunya yakni olahraga masyarakat tidak digerakkan. Artinya, olahraga masyarakat hulu dari olahraga prestasi.

Menpora Zainudin Amali resmi membuka FORNAS VI di Palembang, Sumatera Selatan di Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (1/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close