Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka Hasil Survei Australia, Jubir PKS Yakin Elektabilitas Anies Sudah Tembus 30%

Selasa, 26 September 2023 – 18:01 WIB
Buka Hasil Survei Australia, Jubir PKS Yakin Elektabilitas Anies Sudah Tembus 30% - JPNN.COM
Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengungkapkan bahwa kenaikan elektabilitas capres Anies Baswedan tak hanya terekam survei lembaga lokal. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengungkapkan bahwa kenaikan elektabilitas capres Anies Baswedan tak hanya terekam survei lembaga lokal.

Menurutnya, survei yang dilakukan sebuah lembaga independen asal Australia juga memperlihatkan hasil yang sama.

Pada Juni 2023, Utting Research melakukan survei terhadap 1.200 sample di 34 provinsi.

Hasilnya, elektabilitas Anies tercatat melonjak dari kisaran belasan persen ke 27%.

"Lalu ada momentum deklarasi Anies-Gus Imin pada 2 September 2023 yang langsung mendongkrak elektabilitasnya. Jika basisnya 27% pada Juni, kemudian terjadi kenaikan, maka kami optimis elektabilitas Mas Anies kini di atas 30%," tuturnya, Selasa (26/9).

Sementara itu, berdasarkan survei Indo Riset yang dilakukan pada periode 11-18 September 2023, elektabilitas Anies Baswedan naik cukup signifikan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, serta Sulawesi.

Tak hanya Indo Riset, sebelumnya Politika Research & Consulting (PRC) juga melakukan survei pada 8-12 September 2023 yang memperlihatkan kenaikan elektabilitas Anies di Jawa Timur sangat signifikan hanya dalam waktu 1 minggu (sejak deklarasi 2 September 2023), yaitu melonjak sekitar 30,71%.

Berbagai pihak menilai kenaikan elektabilitas Anies sebagai hal yang wajar dan telah terlihat sejak masuknya sosok Gus Imin sebagai bakal cawapres sekaligus masuknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke dalam Koalisi Perubahan.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian buka-bukaan soal elektabilitas Anies Baswedan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close