Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka Kembali Kasus Interogasi CIA

Selasa, 25 Agustus 2009 – 08:00 WIB
Buka Kembali Kasus Interogasi CIA - JPNN.COM
LEON PANETTA. Direktur CIA Leon Panetta akan mencarikan pengacara terbaik untuk menghadapi gugatan terhadap sejumlah agen CIA terkait tuduhan ancaman dan penyiksaan terhadap tersangka teroris.
Jaksa Agung Amerika Serikat, Eric Holder, menunjuk jaksa federal, John Durham untuk memimpin penyelidikan dugaan kekerasan yang dilakukan para penyelidik badan intelijen CIA saat menginterogasi tersangka teroris beberapa tahun lalu.

Keputusan Holder ini menyusul rekomendasi dari departemen kehakiman AS untuk membuka kembali sejumlah kasus dugaan kekerasan terhadap tahanan yang dilakukan pekerja-pekerja CIA atau kontraktor di Irak dan Afganistan. Hal inipun bersamaan dengan dirilisnya laporan CIA, kemarin (24/8).

"Saya sepenuhnya menyadari bahwa keputusan saya untuk memulai pemeriksaan pendahuluan ini akan menjadi sesuatu yang kontroversial. Dengan semua informasi yang ada, jelas bagi saya bahwa pemeriksaan ini merupakan tindakan bertanggung jawab yang saya ambil," kata Holder dalam sebuah pernyataan.

Laporan CIA mengungkap proses interogasi yang dilakukan para penyelidiknya dalam menginterogasi tersangka teroris di penjara-penjara rahasia menggunakan kata-kata untuk mengolok-olok tersangka, atau mengancam tersangka dengan senjata dan bor elektrik.

Jaksa Agung Amerika Serikat, Eric Holder, menunjuk jaksa federal, John Durham untuk memimpin penyelidikan dugaan kekerasan yang dilakukan para penyelidik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close