Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka KKI 2023, Menteri Nadiem Sampaikan Sejumlah Harapan

Senin, 23 Oktober 2023 – 14:52 WIB
Buka KKI 2023, Menteri Nadiem Sampaikan Sejumlah Harapan - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim secara resmi membuka Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2023, yang berlangsung sejak 23-27 Oktober. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim secara resmi membuka Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2023, yang berlangsung sejak 23-27 Oktober.

KKI 2023 diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan memajukan kebudayaan nasional, sejalan dengan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan implementasi dokumen Strategi Kebudayaan, yang ditetapkan melalui Perpres No. 114 Tahun 2022.

Kongres ini mengundang pemangku kepentingan dari seluruh penjuru nusantara untuk mendiskusikan, merencanakan, dan mendorong pemajuan kebudayaan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

"KKI merupakan momentum yang sangat penting sebagai ruang berkumpulnya pemangku kepentingan bidang kebudayaan untuk merembukkan arah pembangunan kebudayaan Indonesia dalam lima tahun ke depan," kata Menteri Nadiem Makarim dalam sambutannya pada KKI 2023, Senin (23/10).

Pada kongres ini, akan diperbincangkan kebudayaan sebagai suatu produk yang lahir dari masyarakat, sekaligus landasan pembangunan peradaban bangsa.

Lebih lanjut, Nadiem Makarim mengatakan selama empat tahun terakhir pihaknya telah bergotong royong mengupayakan pengarusutamaan kebudayaan dalam lanskap pembangunan nasional.

Melalui dana Indonesiana, dia telah memberikan kesempatan yang sangat luas bagi seluruh pelaku budaya di Indonesia untuk merawat, mengelola, dan mengembangkan berbagai bentuk kekayaan budaya yang kita miliki. 

Selain itu, telah dilahirkan strategi kebudayaan dalam Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2022 sebagai pedoman melaksanakan agenda-agenda pemajuan kebudayaan.

Menteri Nadiem Makarim menyampaikan sejumlah harapan saat membuka KKI 2023 secara resmi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close