Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bukti Pendataan Penduduk Masih Amburadul

Kamis, 05 Desember 2013 – 15:44 WIB
Bukti Pendataan Penduduk Masih Amburadul - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, menilai sikap pemerintah yang akan segera menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) terhadap 3,3 juta pemilih yang sebelumnya bermasalah, memerlihatkan sistem administrasi kependudukan Indonesia yang  masih menyisakan persoalan.

"Dari proses pemutakhiran data pemilih pemilu yang panjang ini, faktanya telah ditemukan adanya jutaan warga negara yang tidak mempunyai NIK," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/12).

Padahal, setiap warga negara harus mempunyai data kependudukan sebagai basis pengambilan kebijakan pemerintah untuk urusan pelayanan masyarakat. Misalnya kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Karena itu menurut Masykurudin, pemerintah diharapkan ke depan lebih maksimal lagi dalam melakukan pendataan penduduk. Sehingga tidak ada seorang pun masyarakat yang terabaikan hak-haknya.

Selain itu, dari rapat pleno terbuka penyempurnaan rekapitulasi DPT Nasional, yang digelar di gedung KPU, Jakarta, Rabu (4/12) kemarin, menurut Masykurudin, juga terungkap tidak maksimalnya peran partai politik melakukan penelusuran terhadap DPT bermasalah. Padahal, DPT merupakan sumber utama bagi pemilu 2014 mendatang.

"Kecuali PDIP yang memberi tanggapan panjang beserta data sandingan, mayoritas tanggapan partai politik standar dan tidak mencerminkan parpol bekerja dalam sebulan terakhir ini," katanya.

Padahal parpol menurut Masykurudin, dapat dengan mudah berkoordinasi dengan kepengurusannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya dilakukan KPU untuk memperbaiki data pemilih yang sebelumnya bermasalah hingga 10,4 juta pemilih.

"JPPR juga melihat rekomendasi Bawaslu ke KPU untuk tetap terus melakukan perbaikan, harus dibarengi keseriusan Bawaslu melakukan pengawasan atas perjalanan rekomendasi tersebut," katanya.

JAKARTA - Deputi Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, menilai sikap pemerintah yang akan segera menerbitkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close