Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BUMD Provinsi Anhui Diminta Membangun Pabrik Biodiesel di Kaltim

Kamis, 20 Juni 2024 – 17:04 WIB
BUMD Provinsi Anhui Diminta Membangun Pabrik Biodiesel di Kaltim - JPNN.COM
Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim saat kunjungan kerja ke Huangshan, Provinsi Anhui, Tiongkok. Foto: source for jpnn

jpnn.com, ANHUI - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik meminta BUMD Provinsi Anhui, Tiongkok, membangun pabrik biodesel di Kaltim.

Dia menyampaikan hal itu saat kunjungan kerja ke Huangshan, Provinsi Anhui, Tiongkok, yang menjadi bagian dari program Kerja Sama Sister-Province.

Dalam pertemuan itu, Petroleum LR yang merupakan BUMD milik Pemerintah Provinsi Anhui, menyampaikan kebutuhan crude palm oil (CPO) yang diinginkan pada tahap awal adalah sebesar 5.000 ton/bulan.

Selanjutnya, jika dapat memenuhi kuota maka jumlah yang diinginkan adalah sebesar 30.000 ton/bulan. Hal itu pun disambut baik oleh Akmal Malik.

Dia pun mengarahkan agar Petroleum LR dapat mengembangkan usahanya untuk melakukan hilirisasi produk kelapa sawit menjadi beberapa produk turunan.

Kaltim memiliki lahan seluas 1,5 juta hektare kebun kelapa sawit dan sebanyak 106 Pabrik serta produksi pada tahun 2024 mencapai 4,59 juta ton CPO dan TBS 19,8 juta ton, dengan ekspor terbesar ke Tiongkok dan India.

"Bila ingin menjajaki ekspor sawit, maka akan difasilitasi dengan pengusaha Kaltim yang jumlahnya kurang lebih 112 perusahaan sawit,” kata Akmal Malik, dalam keterangannya, Kamis (20/6).

Akmal mengatakan bahwa salah satu peluang bisnis produk turunan kelapa sawit adalah agar dapat membangun pabrik biodiesel.

BUMD Provinsi Anhui, Tiongkok, diminta untuk membangun pabrik biodiesel di Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close