Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bumi Makin Panas, BMKG Ajak Generasi Muda Lakukan Aksi Nyata

Selasa, 17 Oktober 2023 – 11:04 WIB
Bumi Makin Panas, BMKG Ajak Generasi Muda Lakukan Aksi Nyata - JPNN.COM
BMKG berkolaborasi dengan Institut Hijau Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikan Green Leadership Indonesia (GLI). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berkomitmen untuk melakukan edukasi perihal perubahan cuaca dan iklim.

Salah satu strateginya ialah berkolaborasi dengan Institut Hijau Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikan Green Leadership Indonesia (GLI).

“Generasi muda harus berperan aktif dalam upaya melestarikan lingkungan dan menyelamatkan bumi dari perubahan iklim. Indonesia butuh ide, pemikiran sekaligus tindakan nyata yang inovatif dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim untuk menciptakan linkungan yang berkelanjutan," tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati setelah menjadi pembicara program GLI, Selasa (17/10/2023).

Green Leadership Indonesia mengangkat tema "Pemahaman tentang Isu Perubahan Iklim Bagi Green Leaders" tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pada acara tersebut disampaikan fakta bahwa kondisi bumi saat ini cukup mengkhawatirkan akibat dari perubahan iklim.

Tidak hanya bencana yang secara intensitas dan durasi makin bertambah. Namun, juga krisis air yang juga berimbas pada berbagai sektor kehidupan. Salah satunya yang terdampak adalah sektor pertanian dimana Food and Agriculture Organization (FAO) memprediksi dunia akan mengalami ancaman krisis pangan pada tahun 2050 mendatang.

"Belum lama ini, India menolak rencana impor beras dari Indonesia karena tengah mengetatkan kebijakan ekspor guna memenuhi kebutuhan domestiknya. Situasi ini menggambarkan bahwa negara lain juga berupaya mengamankan stok pangan mereka. Kondisi cuaca dan iklim yang tidak menentu membuat banyak negara yang juga mengalami situasi sulit," kata Dwikorita.

BMKG mencatat secara keseluruhan, tahun 2016 merupakan tahun terpanas di Indonesia dengan nilai anomali sebesar 0.8 °C relatif terhadap periode klimatologi 1981 hingga 2020.

Bumi makin panas, BMKG berkolaborasi dengan Institut Hijau Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikan Green Leadership Indonesia (GLI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close