Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bung Karno Berkontemplasi di Masjid Ar Rabithah Ende, Gus Jazil Bilang Begini

Selasa, 28 Juli 2020 – 22:15 WIB
Bung Karno Berkontemplasi di Masjid Ar Rabithah Ende, Gus Jazil Bilang Begini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid sempat berkontemplasi saat mengunjungi Masjid Ar Rabithah di Ende, Flores, NTT, Selasa (28/7/2020). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, ENDE - Di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), berdiri Masjid Ar Rabithah. Meski masjid itu sudah mengalami beberapa kali pemugaran namun ia berdiri sejak tahun 1500-an.

Di masjid yang disangga 4 tiang atau pilar, saat diasingkan oleh pemerintah kolonialisme Belanda, dikatakan Bung Karno kerap beribadah. Dari sinilah masjid itu menjadi bagian dari situs Bung Karno di Ende.

Di Ar Rabithah, Bung Karno tidak hanya menjalankan ibadah salat lima waktu dan ibadah lainnya namun juga berkontemplasi untuk menemukan roh keislaman dan kebangsaan.

“Ini yang tidak banyak diketahui oleh umat Islam,” ujar Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid saat mengunjungi masjid itu, Ende, Selasa (28/7/2020).

Menurut politikus PKB ini, Bung Karno menemukan roh Pancasila di masjid. “Intinya dari masjid sesungguhnya nilai-nilai Pancasila ditemukan,” paparnya.

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengatakan Islam menjiwai Pancasila. Islam menjiwai pasal-pasal yang ada di Pancasila.

“Islam rahmatan nil alamin sudah dibuktikan oleh masyarakat Ende,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu.

Dari sinilah kehidupan masyarakat Ende yang beragam dapat hidup rukun dan damai.

Bung Karno tidak hanya menjalankan ibadah salat lima waktu dan ibadah lainnya namun juga berkontemplasi untuk menemukan roh keislaman dan kebangsaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close