Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Burhanuddin Muhtadi: Mensos Bu Risma Sosok Visioner Menjawab Tantangan Digital

Jumat, 18 Juni 2021 – 08:03 WIB
Burhanuddin Muhtadi: Mensos Bu Risma Sosok Visioner Menjawab Tantangan Digital - JPNN.COM
Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantor Kementerian Sosial, Kamis (17/6). Foto: Foto: Humas Kemensos RI

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi berpendapat Menteri Sosial Tri Rismaharini merupakan sosok pejabat publik yang visioner.

Menurut Burhan sapaan Burhanuddin, hal ini bisa dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan Bu Risma untuk meningkatkan layanan kepada publik baik saat menjabat Wali Kota Surabaya maupun Menteri Sosial.

“Beliau banyak cerita tentang bagaimana melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Seperti e-procurement atau mal pelayanan publik saat beliau menjabat sebagai Wali Kota Surabaya,” kata Burhanuddin di kantor Kementerian Sosial, Kamis (17/6).

Burhanuddin bertandang untuk mewawancarai Mensos terkait riset Indikator Politik Indonesia tentang Persepsi Pemerintah terhadap Ekonomi Digital dan Dampak Sosialnya.

Doktor jebolan Australian National University bidang ilmu politik, itu juga mencatat saat menjabat Mensos, Bu Risma juga membuat terobosan. Misalnya bagaimana melakukan advokasi terhadap masyarakat miskin. “Dengan cara penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat miskin,” katanya.

Dengan teknologi, kata Burhanuddin, Mensos juga menerapkan inovasi dengan  tujuan agar tidak ada pertemuan tatap muka antara birokrat dengan penerima bantuan.

“Dengan cara itu, kemungkinan terjadi penyalahgunaan bisa ditekan,” katanya.

Mensos juga menggunakan teknologi untuk meningkatkan layanan kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT) atau juga untuk memastikan bantuan sosial bisa tersalurkan tepat sasaran.

Burhanuddin Muhtadi berpendapat Menteri Sosial Tri Rismaharini merupakan sosok pejabat publik yang visioner dan mampu menjawab tantangan digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close