Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buruh Akan Gelar Demo, Waspada dengan Kelompok Anarko

Selasa, 26 September 2023 – 16:57 WIB
Buruh Akan Gelar Demo, Waspada dengan Kelompok Anarko - JPNN.COM
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh berencana menggelar aksi demo secara bergelombang dan besar-besaran. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh berencana menggelar aksi demo secara bergelombang dan besar-besaran.

Presiden KSPI Said Iqbal mengungkapkan rencana aksi demo itu akan digelar mulai 21 September 2023 sampai Januari 2024 di seluruh Indonesia.

Menurutnya, aksi itu sebagai upaya serikat buruh untuk menyuarakan kenaikan upah minimum tahun 2024 sebesar 15 persen.

Dia memprediksi keputusan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2024 akan diputuskan 60 hari sebelum 1 Januari 2024 atau sekitar awal November 2023.

Sedangkan putusan upah minimum kabupaten/kota (UMK) akan diputuskan 40 hari sebelum 1 Januari 2024, yakni sekitar 15 November 2023.

"UMP (diputuskan) 1 November 2023 dan UMK (diputuskan) 15 November. Dan yang akan berlaku per Januari 2024. Oleh karena itu, Partai buruh dan KSPI akan menggelar aksi besar-besaran secara bergelombang di seluruh Indonesia," kata Said Iqbal.

Dia mengatakan aksi yang digelar Partai Buruh dan KSPI dimulai pada tanggal 21 September 2023.

"Aksi akan digelar di dua titik, yaitu di Istana Negara dan Kantor Kemenaker. Jumlah massa hampir sepuluh ribu. Setelah tanggal 21 September 2023 aksi akan dilanjutkan oleh Partai Buruh dan KSPI di seluruh provinsi," ujarnya.

KSPI dan Partai Buruh berencana menggelar aksi demo secara bergelombang dan besar-besaran. Waspada ditunggangi Kelompok Anarko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close