Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cabai Keriting Jateng Kembali Gencar Pasok Sumatera

Kamis, 04 Juni 2020 – 21:10 WIB
Cabai Keriting Jateng Kembali Gencar Pasok Sumatera - JPNN.COM
Seorang petani membawa cabai merah saat panen di areal persawahan Kronggahan, Trihanggo, Sleman, Senin (1/6). FOTO: ANTARA/Wahyu Putro A/Koz/ama/09

jpnn.com, JAKARTA - Petani cabai keriting asal Jawa Tengah saat ini sedang memasuki masa panen. Aktivitas permohonan sertifikasi karantina untuk pengiriman domestik atau antar area pun mulai meningkat.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Cilegon mencatat adanya peningkatan permohonan tindakan karantina terhadap komoditas ini untuk memasok kebutuhan di Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Selat Sunda di Merak.

"Pembatasan yang dibuka bertahap jelang pemberlakuan new normal berdampak cukup signifikan terhadap fasilitasi perkarantinaan untuk antar area," ujar Kepala Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi dalam keterangannya, Kamis (4/6).

Menurut Arum, lalu lintas pengiriman domestik cabai keriting yang melalui wilayah kerjanya pada periode Januari hingga Mei 2019 mencapai 11,5 ribu ton dengan pengiriman sebanyak 2.881 kali.

Sementara pada periode yang sama di tahun ini sebanyak 6,6 ribu ton dengan pengiriman sebanyak 1.551 kali.

Hal ini diakibatkan adanya pembatasan moda transportasi dan aktivitas lain untuk upaya pencegahan penyebaran pandemi. Diperkirakan dengan adanya musim panen raya cabai keriting, pasokan dapat kembali lancar, minimal jumlahnya sama dengan tahun lalu.

Selain itu, guna memastikan cabai keriting asal Jateng ini sehat dan aman, pihaknya melakukan serangkaian tindakan karantina seperti pemeriksaan secara visual dengan alat bantu loop guna memastikan tidak adanya tanda dari penyakit yang disebabkan oleh organisme penggangu tumbuhan karantina target.

Kemudian, pengemasan dan alat angkut juga menjadi persyaratan bagi penerbitan surat kesehatan tumbuhan antar area, KT2 sebagai jaminan kesehatan dan keamanan produk pertanian, jelas Arum.

Petani cabai keriting asal Jawa Tengah saat ini sedang memasuki masa panen. Aktivitas permohonan sertifikasi karantina untuk pengiriman domestik atau antar area pun mulai meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close