Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cak Imin Buka Gembok Basis NU, Elektabilitas Anies Baswedan Langsung Melejit

Senin, 25 September 2023 – 20:31 WIB
Cak Imin Buka Gembok Basis NU, Elektabilitas Anies Baswedan Langsung Melejit - JPNN.COM
Pakar ilmu komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ambang Priyonggo menilai lonjakan elektabilitas Anies Baswedan tak bisa dilepaskan dari sosok bacawapres pendampingnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indo Riset yang dirilis hari ini menunjukkan  elektabilitas bacapres Anies Rasyid Baswedan meningkat dari 22% pada Agustus 2023, menjadi 25,2% pada September 2023.

Sementara itu, Prabowo Subianto turun dari 38,3% (Agustus 2023) ke 34,8% (September 2023) dan Ganjar mengalami stagnasi, yaitu 34,3% (Agustus 2023) dan 34,4% (September 2023).

Pakar ilmu komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ambang Priyonggo menilai peningkatan itu merupakan dampak langsung dari kehadiran Gus Muhaimin sebagai bacawapres Anies

Menurutnya, Ketua Umum PKB itu berhasil mengubah pandangan sebagian besar warga Nahdlatul Ulama terhadap Anies.

“Kehadiran Cak Imin dan PKB menjadi pendobrak sekat-sekat ideologis yang tersematkan kepada Anies di kalangan nahdliyin. Bisa dibilang kini, gembok Jawa Timur dan Jawa Tengah serta sebagian Jawa Barat telah terbuka bagi Anies untuk mendapatkan elektabilitasnya di sana,” ujar Ambang, Senin (25/9).

Doktor Ilmu Komunikasi dari University of Malaya, Malaysia ini menuturkan ceruk pendukung Anies yang sebelumnya lebih ke kanan, kini lebih terdorong ke tengah, sehingga lebih banyak bagian suara yang berpotensi diambil.

"Apalagi kini, PKB dan PKS bersama-sama dalam arus kelompok Islam nasionalis moderat yang semakin meruntuhkan sekat-sekat ideologis tersebut," tambah dia.

Selain itu, Ambang mencermati bahwa Gus Muhaimin sejak awal memang sudah mendapatkan mandat dari para masayikh NU, khususnya di Jawa Timur.

Peningkatan elektabilitas itu dinilai merupakan dampak langsung dari kehadiran Cak Imin sebagai pendamping Anies Baswedan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close