Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Caleg Muda Tidak Mengakar

Jumat, 12 September 2008 – 16:52 WIB
Caleg Muda Tidak Mengakar - JPNN.COM
JAKARTA - Banyaknya calon legislatif (caleg) muda yang muncul pada Pemilu Legislatif 2009, disambut positif banyak pihak. Sayangnya, para caleg muda tersebut banyak yang belum mengakar di tingkat grass root (akar rumut), sehingga sulit untuk terpilih.

Demikian dikatakan pengamat politik dari Universitas Paramadina Yudi Latif dalam dialektika demokrasi yang berlangsung di Press Room DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta, Jum'at (12/9). Selain Yudi, tampil sebagai pembicara anggota DPR dari Fraksi PKS Rama Pratama yang kembali dicalegkan oleh PKS untuk daerah pemilihan Jakarta Timur dan caleg muda dari Partai Golkar Dave Laksono yang juga anak kandung Agung Laksono.

“Tidak banyak caleg muda yang dikenal masyarakat. Apalagi kalau dapil-nya sama sekali belum pernah atau jarang dikunjungi sang caleg terkait. Ini akan sulit, apalagi kalau sistem perolehan kursinya nanti berdasarkan suara terbanyak,” sebut Yudi.

Karena belum mengakar, Yudi menyarankan para caleg muda segera terjun ke masyarakat di dapilnya untuk sosialisasi. Jaringan partai, tegas Yudi, juga sangat menentukan dan sangat membantu para caleg melakukan sosialisasi diri. “Tidak bisa hanya sekedar tebar pesona, tapi harus langsung turun ke masyarakat melalui jaringan partainya,” saran Yudi.

Meski tidak mengakar, Yudi tetap mengapresiasi munculnya caleg-caleg muda, karena berarti regenerasi di partai politik sedang berjalan. Jangan seperti di era orde baru dimana ranah politik seakan hanya jadi milik generasi tua. “Sekalipun tidak mengakar, tapi ini sekaligus jadi tantangan bagi para caleg muda, apakah mereka bisa menyosialisasikan diri dengan baik sehingga dipilih masyarakat atau tidak. Makanya tidak sekedar umurnya saja yang kita harapkan muda, tapi juga semangat dan ide-ide yang dilontarkan juga harus muda,” tegas Yudi lagi.

JAKARTA - Banyaknya calon legislatif (caleg) muda yang muncul pada Pemilu Legislatif 2009, disambut positif banyak pihak. Sayangnya, para caleg muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA