Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Caleg Nambah, KPU Diprotes

Kamis, 30 Oktober 2008 – 16:52 WIB
Caleg Nambah, KPU Diprotes - JPNN.COM
JAKARTA- Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) Jerry Semampow melaporkan sejumlah partai Politik yang melakukan penambahan calon anggota DPR ke dalam Daftar Calon Tetap (DCT). Menurut Jerry, ada lima partai yang diduga telah melakukan penambahan calon anggota DPR RI. Diantaranya, Partai Pemuda Indonesia- satu calon, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menambah 20 calon, Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia, 9 calon, Partai Damai Sejahtera, 1 calon dan Partai Bulan Bintang sebanyak 6 calon.''Logikanya DCT itu berkurang, atau minimal sama dengan DCS,'' Jerry menegaskan.

Karena itu, Jerry bersama JPRR-nya menuntut agar KPU mengumumkan  pertambahan calon anggota DPR. Namun, lanjut dia, hingga saat ini tak ada penjelasan apa pun dari KPU. ''Kita minta Bawaslu menyelidiki masalah ini. Apakah ini disengaja, atau ada unsur kelalaian,'' tandas Jerry. Namun, pertanyaan Jerry langsung dijawab oleh anggota Bawaslu Wirdianingsih. Dalam kesempatan itu, Wirdianingsih mengaku sudah mendapat laporan dari KPU, bahwa ada penambahan dalam caleg DCT.

''Ketua KPU telah mengakui ada kesalahan dalam proses verifikasi, dan itu diakomidir dalam DCT,'' ujar Wirdianingsih. Proses kesalahan itu, lanjut Wirdianingsih, sehingga tidak tercantum dalam DCS. Namun, setelah melalui serangkaian verifikasi ulang ternyata Caleg yang bersangkutan memenuhi syarat. ''Dan kesalahan itu diakomodir ke dalam DCT,'' tandas Wirdianingsih. (aj/JPNN)

JAKARTA- Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) Jerry Semampow melaporkan sejumlah partai Politik yang melakukan penambahan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA