Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Capai 100 Juta Wisatawan, Arab Saudi Terima Pengakuan Internasional dan Apresiasi dari WTTC

Kamis, 29 Februari 2024 – 18:45 WIB
Capai 100 Juta Wisatawan, Arab Saudi Terima Pengakuan Internasional dan Apresiasi dari WTTC - JPNN.COM
Kerajaan Arab Saudi menerima pengakuan internasional dan apresiasi dari United Nations Tourism dan World Travel & Tourism Council (WTTC). Foto: ANTARA/HO-Kementerian Pariwisata Arab Saudi

jpnn.com, JAKARTA - Kerajaan Arab Saudi menerima pengakuan internasional sekaligus apresiasi dari United Nations Tourism dan World Travel & Tourism Council (WTTC) atas pencapaian luar biasa dalam menyambut lebih dari 100 juta wisatawan pada 2023.

“Pengumuman ini menunjukkan skala transformasi kami sejak Strategi Pariwisata Nasional diluncurkan lima tahun lalu. Pariwisata adalah pilar utama dalam transformasi ekonomi negara berdasarkan Visi 2030, yang menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi Kerajaan,” kata Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al Khateeb seperti siaran pers Kementerian Pariwisata Arab Saudi di Jakarta, Kamis (29/2).

Ahmed Al Khateeb menjelaskan pencapaian tersebut secara signifikan melampaui target 2030 yang telah ditetapkan sebelumnya, memoosisikan Arab Saudi sebagai kekuatan pariwisata global yang sedang berkembang.

Menpar juga menyampaikan terima kasih kepada WTTC selaku mitra berharga dalam menjalani komitmen bersama di sektor pariwisata yang berkelanjutan dan sejahtera.

Kemenpar Arab Saudi mengumumkan bahwa kerajaan telah mencapai tonggak sejarah tujuh tahun lebih cepat dari target awal dan pihaknya kini telah menetapkan target ambisius baru untuk menyambut 150 juta wisatawan pada 2030.

Sektor pariwisata Arab Saudi telah terbukti memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian negara, dengan wisatawan domestik dan internasional menghabiskan lebih dari 250 miliar riyal (sekitar Rp1,04 kuadriliun) pada 2023.

Pengeluaran tersebut mewakili lebih dari 4 persen PDB dan 7 persen PDB non-minyak yang mencerminkan peran penting pariwisata dalam mendiversifikasi perekonomian Arab Saudi.

Sektor pariwisata kerajaan juga mengalami lompatan kualitatif yang signifikan, dengan jumlah total wisatawan domestik dan internasional mencapai 106,2 juta pengunjung pada 2023, menurut data Kemenpar.

Kerajaan Arab Saudi menerima pengakuan internasional sekaligus apresiasi dari WTTC atas pencapaiannya menyambut lebih dari 100 juta wisatawan pada 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close