Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Heru Budi Atasi Banjir Jakarta, Bangun Waduk hingga Pompa

Kamis, 28 Maret 2024 – 19:00 WIB
Cara Heru Budi Atasi Banjir Jakarta, Bangun Waduk hingga Pompa - JPNN.COM
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di pressroom Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (28/3). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan sejumlah cara untuk menghadapi musim hujan deras.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai inovasi pengendalian banjir untuk meminimalkan dampak curah hujan yang tinggi.

Program penanganan banjir tersebut telah disusun melalui rencana aksi roadmap yang akan menjadi landasan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Plt Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum mengatakan bahwa upaya penanganan banjir di Jakarta, yakni membangun infrastruktur pengendali banjir, seperti waduk atau embung, perkuatan tanggul kali, pembangunan sistem polder atau pompa, serta peningkatan kapasitas drainase kawasan.

“Pada 2024 ini, terdapat 5 polder atau pompa yang sedang dibangun dan 2 lokasi pompa stasioner yang direvitalisasi,” ucap Ika dalam keterangannya, Kamis (28/3).

Kemudian, terdapat 8 waduk dan embung yang dibangun dengan rincian 6 yang merupakan pembangunan lanjutan dan 2 yang baru.

Adapun, 5 pompa tersebut, yaitu Pompa Sunter C, Pompa Gaya Motor, Pompa Kali Sepatan (KBN), Pompa IKPN, dan Pompa RW 13 (Greenville).

Sementara, revitalisasi dilakukan di 2 lokasi pompa yaitu Pompa Stasioner Jalan Tanjung Duren Raya-Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat, dan Pompa Stasioner Taman BMW, Jakarta Utara.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan sejumlah cara untuk menghadapi musim hujan deras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close