Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Kementan Dorong Petani Tanam Kedelai, Simak!

Jumat, 25 Februari 2022 – 12:00 WIB
Cara Kementan Dorong Petani Tanam Kedelai, Simak! - JPNN.COM
Kementan mendorong petani kedelai untuk kembali menanam di sentra produksi kedelai. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, GROBOGAN - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong agar para petani fokus meningkatkan kedelai untuk menjamin ketersediaan utama kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Demi mengembangkan budi daya tersebut, Kementan memfasilitasi pengembangan 52 ribu hektar kedelai yang tersebar di 16 daerah. Satu di antaranya adalah di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Diketahui, kedelai merupakan salah satu sumber pangan selain padi dan jagung yang digemari hampir semua lapisan usia.

Komoditas pangan penghasil protein nabati itu setiap tahun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kebutuhan bahan baku industri olahan seperti tahu, tempe, kecap, dan susu.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Sunanto mengatakan pihaknya menganggap kedelai sebagai kearifan lokal karena hasil seleksi terus menerus, sehingga menjadikan Grobogan sebagai salah satu sentra kedelai nasional.

"Jadi, varietas Grobogan itu bukan dari hasil pemuliaan tapi dari seleksi pemurnian varietas. Dan ini berlangsung lama sehingga menghasilkan varietas unggul nasional," kata Sunanto saat ditemuai di kantornya, Kamis (24/2).

Menurut dia, kedelai varietas Grobogan memiliki beberapa keunggulan, yaitu bukan termasuk kedelai GMO, dan non transgenik.

Kemudian potensi produksi tinggi mencapai 3,2 ton per hektar.

Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong agar para petani fokus meningkatkan kedelai untuk menjamin ketersediaan utama kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close