Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Mudah Menerapkan Pola Hidup Sehat, Sederhana & Bermakna

Rabu, 12 April 2023 – 06:12 WIB
Cara Mudah Menerapkan Pola Hidup Sehat, Sederhana & Bermakna - JPNN.COM
Makanan sehat. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Definisi hidup sehat meliputi sehat fisik, sehat pikiran atau mental, sehat hati, sehat lingkungan, dan tentunya juga sehat ekonomi.

“Melakukan pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit, tetapi yang paling penting adalah adanya niat, tekat, dan kemauan dari kita sendiri untuk hidup sehat. Pola hidup sehat erat kaitannya dengan asupan makanan yang sehat. Asupan makanan yang sehat adalah makanan yang memang dibutuhkan dan berfungsi baik untuk tubuh kita,” ujar Medical Dept. PT Kalbe Farma Tbk, dr. Laurencia Ardi, AIFO-K, dalam Instagram Live @ptkalbefarmatbk.

“Pola asupan makanan kalau dulu orang selalu bilangnya 4 sehat 5 sempurna, sekarang sudah tidak digunakan lagi. Sekarang kita menggunakannya adalah asupan gizi seimbang, yang meliputi karbohidrat 60 persen, protein 10-20 persen dan lemak 30 persen. Selain itu juga dilengkapi dengan sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Selain asupan makanan, kita juga perlu melakukan olahraga secara rutin yaitu minimal 3 kali seminggu dengan durasi sekali olahraga minimal 30 menit,” tambahnya.

Ia menjelaskan, kita juga harus bijak memilih makanan dan minuman, untuk menghindari penyakit degeneratif pada usia lanjut.

Dalam hal ini, jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang sedang trend tapi jangka panjangnya berdampak negatif pada kesehatan. Contohnya, minuman manis boba, makanan olahan, dan sebagainya.

“Penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, osteoporosis, atau penyakit sendi dapat dihindari dengan pola hidup sehat yang meliputi olahraga yang cukup dan asupan nutrisi yang seimbang,” jelas dr. Laurencia.

Namun, terkadang seseorang tidak tahu apakah makanan sehari-hari yang dikonsumsi tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian atau belum.

Jika belum memenuhi kebutuhan tubuh, maka boleh menambahkan suplemen mikronutrien dalam asupan makanan untuk mendukung pola hidup sehat. Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah Blackmores.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Definisi hidup sehat meliputi sehat fisik, sehat pikiran atau mental

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close