Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Tepat Merawat Bekas Jerawat

Minggu, 07 Juni 2020 – 04:43 WIB
Cara Tepat Merawat Bekas Jerawat - JPNN.COM
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Jerawat yang muncul di wajah kadang membuat jengkel dan frustasi. Padahal beragam cara sudah dilakukan untuk memulihkannya. Tapi sebenarnya adakah perawatan yang tepat untuk memulihkan bekas jerawat?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis bekas jerawat.

Ada beberapa jenis bekas jerawat, yaitu noda hitam atau disebut hiperpigmentasi paska inflamasi (HPI) dan acne scar. Acne scar mencakup bolong (hipotrofi) dan menonjol (keloid) di wajah.

Faktor pemicu munculnya bekas jerawat ada beragam. Pada kasus hipotrofi, kebiasaan memencet jerawat dapat meningkatkan peradangan dan risiko muncul bekas jerawat.

Selain itu, jerawat yang bengkak, merah, dan nyeri seperti jerawat kistik, cenderung berada di kulit bagian bawah. Jerawat tipe ini dapat merusak struktur kulit, sehingga menyebabkan bekas jerawat ketika sembuh. Malas atau lama mengobati jerawat yang meradang juga bisa meningkatkan risiko terjadinya bekas jerawat.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menangani bekas jerawat. Namun hal itu tergantung pada luas serta kedalaman bekas jerawat. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan yaitu laser, chemical peeling, dermabrasi, skin needling atau injeksi filler.

Namun pada keadaan ringan, pemberian krim yang mengandung hidrokuinon atau asam retinoat dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

Berbagai perawatan bekas jerawat tersebut bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Untuk mencegah bekas jerawat, Anda sebaiknya menerapkan beberapa hal berikut:

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menangani bekas jerawat. Namun hal itu tergantung pada luas serta kedalaman bekas jerawat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close