Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catatan Demokrat: Demokrasi Makin Merosot, Membandingkan Era SBY dengan Jokowi

Jumat, 31 Desember 2021 – 18:15 WIB
Catatan Demokrat: Demokrasi Makin Merosot, Membandingkan Era SBY dengan Jokowi - JPNN.COM
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sampaikan catatan Demokrat yang menyatakan demokrasi di Indonesia makin merosot. Lalu membandingkan SBY dengan Jokowi. Ilustrasi Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan dalam beberapa tahun terakhir indeks demokrasi Indonesia makin merosot. Puncaknya terjadi pada 2021.

"Pertama, rakyat makin takut bicara politik di muka publik. Survei SMRC dan Indikator berhasil merekam ini," kata Herzaky dalam catatan Demokrat yang diterima JPNN.com, Jumat (31/12).

Menurut dia, orang membicarakan hal yang berbeda atau mengkritik pemerintah bisa berujung dipolisikan, di-doxing, bahkan diretas akun media sosialnya.

"Berdialektika yang merupakan ruh dari demokrasi, kini menjadi barang langka," ucap Herzaky.

Alumnus Universitas Indonesia (UI) itu juga menyatakan demokrasi di negeri ini berjalan mundur dan berada di titik terendah dalam empat belas tahun terakhir.

Dia bahkan menyebut beberapa lembaga kredibel internasional mengategorikan demokrasi di Indonesia sebagai demokrasi cacat.

"Dari The Economist Intelligence Unit, lalu Freedom House, lembaga pemerhati Demokrasi dunia yang didirikan Eleanor Roosevelt, sampai ke The Australian University yang membahas kemunduran demokrasi Indonesia dari stagnasi menuju regresi," tuturnya.

Menurut Herzaky, hal itu terlihat saat 100 ilmuwan sosial politik Indonesia bersama LP3ES merangkum kemunduran demokrasi Indonesia ini dalam satu buku bertajuk "Demokrasi tanpa Demos".

Herzaky Mahendra Putra sampaikan catatan Demokrat yang menyatakan demokrasi di Indonesia makin merosot. Lalu membandingkan SBY dengan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close