Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Emisi Karbon, Katingan Mentaya Project Berkontribusi pada Pencapaian 17 SDG di Indonesia

Sabtu, 05 Agustus 2023 – 03:41 WIB
Cegah Emisi Karbon, Katingan Mentaya Project Berkontribusi pada Pencapaian 17 SDG di Indonesia - JPNN.COM
Salah seorang petani yang tergabung dalam program Sekolah Tani Agroekologi yang digagas oleh PT Rimba Makmur Utama (RMU) melalui Katingan Mentaya Project (KMP). Foto: Dok Sekolah Tani Agroekologi

jpnn.com, JAKARTA - Katingan Mentaya Project (KMP) meluncurkan Laporan SDG Impact Report atas pencapaian Proyek terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Sustainable Development Goals/UN SDG).

Laporan tersebut memaparkan pencapaian KMP terhadap 70 target kerja, dengan 68 indikator spesifik  yang dilakukan proyek di tingkat tapak.

Laporan ini secara komprehensif memaparkan capaian positif proyek atas kegiatan yang berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Laporan SDG Impact ini merupakan laporan pertama yang diterbitkan oleh KMP sejak pertama kali beroperasi pada 2010.

“Target-target dalam SDG menjadi indikator kinerja yang penting untuk proyek solusi berbasis alam seperti Katingan Mentaya Project. Target-target ini mencerminkan tantangan yang kami hadapi di lapangan sekaligus komitmen kami dalam melakukan upaya restorasi dan perlindungan ekosistem, serta pemberdayaan masyarakat yang saling berkaitan satu sama lain,” kata Taryono Darusman, Direktur Research & Development.

“Dengan mencegah emisi karbon akibat deforestasi dan pembukaan lahan gambut, kami melindungi biodiversitas dan ekosistemnya. Dengan meningkatkan kualitas hidup serta membuka peluang untuk mata pencaharian alternatif bagi masyarakat lokal, kami melindungi hutan sekitar desa  dari perusakan, antara lain pembalakan liar dan alih fungsi lahan oleh warga," imbuhnya.

Katingan Mentaya Project adalah bukti bahwa proyek solusi berbasis alam dengan pendanaan dari perdagangan nilai ekonomi karbon, bila dilakukan dengan menerapkan prinsip ilmiah yang bertanggungjawab serta perencanaan yang holistik dan kolaboratif, dapat berkontribusi atas pencapaian target Pembangunan Berkelanjutan untuk Iklim, Biodiversitas dan Masyarakat.

Laporan SDG Impact ini mendemonstrasikan luasnya cakupan kerja KMP dan manfaat positif yang diperoleh dari kredit karbon berkualitas tinggi.

Katingan Mentaya Project (KMP) meluncurkan Laporan SDG Impact Report atas pencapaian Proyek terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close