Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Iritasi Karena Pewarnaan Rambut

Jangan Asal Oles Obat

Jumat, 05 Juli 2013 – 20:02 WIB
Cegah Iritasi Karena Pewarnaan Rambut - JPNN.COM
Foto: room8-hair.co.uk
MENGGUNAKAN pewarna rambut untuk mempercantik diri tentu tidak salah. Tapi, sebelum mengaplikasikannya, perlu diperhatikan kondisi kulit kepala. Bagi beberapa orang, tindakan itu bisa menimbulkan iritasi.

Spesialis kulit dan kelamin dari RSAL dr Ramelan dr Marina Haroen SpKK mengatakan, iritasi yang terjadi di kulit kepala semata disebabkan zat yang terkandung di cat rambut tidak cocok dengan semua orang. "Kondisi kulit kepala tiap orang kan bermacam-macam. Nah, di sinilah penyebab iritasi itu," ujarnya.

Yang membuat iritasi itu makin parah adalah tindakan gegabah yang dilakukan, Misalnya, ketika muncul rasa gatal langsung diberi obat oles ke kulit kepala. "Kebanyakan orang kita kan kalau lagi gatal dikasih minyak oles. Mungkin pertimbangan mereka, jika diberi minyak oles, rasa gatal berkurang. Tetapi, sebenarnya tidak demikian. Justru yang terjadi muncul rasa panas, kemudian jika terus digaruk, nanti menjadi melepuh," paparnya.

Karena itu, lanjut dia, cara seperti itu tidak dianjurkan. Dia menambahkan, efek terberat jika iritasi terus berlanjut adalah infeksi pada bagian-bagian seperti daun telinga, tengkuk kepala, dan yang pasti kulit rambut. "Biasanya akan keluar seperti nanah dan menimbulkan bau tidak sedap," jelasnya.

MENGGUNAKAN pewarna rambut untuk mempercantik diri tentu tidak salah. Tapi, sebelum mengaplikasikannya, perlu diperhatikan kondisi kulit kepala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close