Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Rabies, Otak Anjing Dikumpulkan

Sabtu, 26 Juni 2010 – 11:20 WIB
Cegah Rabies, Otak Anjing Dikumpulkan - JPNN.COM
SORONG - Pemerintah Kota Sorong mengkhawatirkan banyaknya populasi anjing di daerah itu. Ada ketakutan anjing-anjing itu menyebarkan penyakit rabies, seperti yang terjadi di daerah Flores, Ternate, dan Ambon beberapa waktu lalu. Langkah pencegahan dilakukan dengan cara pengambilan sampel darah dan otak anjing. Rencananya, sampel ini akan dibawa ke Makassar guna diperiksa di Balai Besar Karantina di Makassar sedangkan untuk otaknya akan diperiksa di BPPV Maros.

Ketua Tim Bulan Bhakti, M. Taufik kepada Radar Sorong (grup JPNN) di ruang kerjanya kemarin menjelaskan, pengambilan sampel darah dan otak anjing sudah dilakukan sejak Senin lalu. "Tindakan ini diambil untuk mencegah rabies di Kota Sorong meski hingga kini masih dinyatakan daerah aman dari penyakit menular dari hewan ke manusia,” kata M. Taufik didampingi drh Ardiana sebagai narasumber yang menjelaskan kepada masyarakat terkait dengan tingkat bahaya penyakit zonosis yang kini masih sulit disembuhkan dan berakhir dengan kematian itu.

Kegiatan pengambilan sampel sebagai bagian dari program dalam rangka Bulan Bhakti 2010, satu paket dengan upaya pencegahan penyakit zonosis lainnya seperti H1N1 serta H5N1. Kegiatan dibawah koordinasi Kantor Karantina Pertanian Sorong dan Dinas Pertanian Kota Sorong.

Dari hasil laboratorium, nantinya baru bisa diketahui apakah sudah ada yang terjangkit, atau belum. "Mudah-mudahan tidak ada,” tegasnya. Ditambahkan, tingkat bahaya terhadap gigitan anjing yang menularkan rabies tersebut sangat berbahaya. Untuk itulah sosialisasi penyakit zonosis sangat penting sehingga juga akan digelar di Kabupaten Raja Ampat.

SORONG - Pemerintah Kota Sorong mengkhawatirkan banyaknya populasi anjing di daerah itu. Ada ketakutan anjing-anjing itu menyebarkan penyakit rabies,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close