Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cek, 7 Hal ini Penyebab Ketombe Rambut Datang Lagi

Kamis, 29 Agustus 2019 – 17:40 WIB
Cek, 7 Hal ini Penyebab Ketombe Rambut Datang Lagi - JPNN.COM
Ilustrasi keramas.

jpnn.com - Pada kasus yang ringan, ketombe dapat diatasi dengan menggunakan sampo yang mengandung selenium atau zinc pyrithione. Keduanya bisa membantu mengendalikan produksi jamur. Namun pada kasus yang lebih berat, butuh penanganan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, misalnya dengan obat antiradang dan – atau – antijamur dalam bentuk sampo, krim, dan lain-lain.

Penyebab lain ketombe rambut datang lagi

Selain menghentikan pemakaian sampo anti ketombe, ada beberapa penyebab lain yang bikin ketombe balik lagi.

1. Jarang keramas

Karena kesibukan, adanya dry shampoo yang dapat mengatasi masalah rambut lepek secara instan, atau memang karena kebiasaan, Anda jarang keramas.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, jarang keramas bisa membuat sel-sel kulit mati di kulit kepala menumpuk, sehingga menciptakan serpihan yang bikin Anda garuk-garuk kepala.

2. Tak cocok dengan produk perawatan rambut yang baru

Ketimbang menyalahkan sampo anti ketombe yang sebelumnya Anda pakai, siapa tahu penyebabnya adalah Anda alergi terhadap produk perawatan yang baru. Tidak cocok dengan produk rambut tertentu bisa menimbulkan gatal-gatal dan kulit mengelupas. Ini disebut sebagai dermatitis kontak.

Jika Anda sedang sibuk garuk-garuk kepala karena ketombe balik lagi, coba cek apakah penyebabnya karena penghentian sampo anti ketombe atau karena penyebab lainnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close