Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerdas Menggunakan Gadget di Saat Mudik

Minggu, 04 Agustus 2013 – 15:15 WIB
Cerdas Menggunakan Gadget di Saat Mudik - JPNN.COM
Foto: engadget.com

jpnn.com - JAKARTA – Tak sedikit pemudik yang menggunakan alat komunikasi dan alat elektronik lainnya. Namun, diperlukan kecerdasan untuk menggunakan teknologi itu supaya dapat membantu kelancaran mudik Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

Pakar teknologi informasi (TI), Abimanyu Wachjoewidajat, memberikan beberapa tips penggunaan teknologi demi kelancaran mudik.  Abimanyu mengatakan, perangkat digital tetaplah sekedar suatu perangkat elektronik yang bisa rusak kapan saja. Karenanya, cukup arif bijaksana apabila tetap mengandalkan informasi non-digital. Misalnya, membawa peta di saat mudik. Hindari penggunaan peta berbentuk lembar besar karena akan merepotkan saat dilihat sambil berjalan.

“Usul saya gunakan peta mutakhir yang semakin detil semakin baik, bukan sekedar jalur umum dan sebaiknya yang berbentuk buku,” kata pria yang karib disapa Abah itu, Minggu (4/8).

Selain itu, di jalur-jalur yang bisa digunakan untuk mudik bisa ditandai dengan warna-warna berbeda. Pemudik juga diingatkan untuk mencatat nomor-nomor penting di kertas atau buku catatan. Misalnya, nomor rumah sakit, kepolisian, khususnya pada area yang akan dilintasi.

“Info tersebut ada banyak di internet. Catat juga frekuensi lokal Orari pada setiap daerah, ini ada juga di internet,” terangnya.

Menurutnya, ada baiknya semua data di ponsel di-back up terlebih dahulu. Jika ada konten penting tapi tidak diperlukan selama lebaran, sebaiknya di-backup lalu dihapus. Jangan pernah menyimpan data penting pada device.

“Sebaiknya disimpan pada memory card. Dan kalau terpaksa gadget harus direparasi pastikan memory card tersebut diamankan dulu, jangan ditinggal di tukang reparasi,” ungkap Abah.

Kalau mengandalkan pulsa pasca-bayar, pastikan billing (tagihan, red )sudah dilunasi sampai dengan bulan berjalan. Ada baiknya tidak mengandalkan layanan isi ulang elektronik.  “Cukup bijak untuk menyimpan beberapa voucher isi ulang di tas atau di mobil,” katanya.

JAKARTA – Tak sedikit pemudik yang menggunakan alat komunikasi dan alat elektronik lainnya. Namun, diperlukan kecerdasan untuk menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close