Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cerita Sukses Elly, Nasabah PNM Mekaar yang Merintis Usaha Nastar Semanggi

Kamis, 06 Juni 2024 – 07:39 WIB
Cerita Sukses Elly, Nasabah PNM Mekaar yang Merintis Usaha Nastar Semanggi - JPNN.COM
Elly, salah satu pengusaha ultra mikro yang membuat nastar dengan tambahan daun semanggi. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - Tinggal di Kampung Semanggi sejak 2006, Elly Ermawati sangat familiar dengan tanaman jenis paku air semanggi.

Dia pun berjualan pecel semanggi yang digemari oleh warga Sekitar. Namun, Elly terus memutar otak karena sering mengalami kerusakan bahan baku.

Elly pun melakukan inovasi untuk memperlancar usahanya.

“Daun Semanggi itu enggak tahan lama kalau sudah dipetik dan dikukus. Saya kepikiran bagaimana ya caranya menghabiskan semanggi dari tengkulak supaya enggak kebuang-buang,” cerita nasabah binaan PNM Mekaar ini.

Elly terpikir untuk membuat nastar dengan tambahan daun semanggi. Daun semanggi kering ia blender hingga menjadi bubuk lalu dicampur dengan adonan nastar. Perjalanan pertama tentu tidak langsung berjalan mulus.

Banyak komplain datang karena rasa pahit muncul dari nastar semanggi buatannya. Elly pun terus mencoba hingga pembelinya memuji rasa nastar yang lezat. Namun, tantangan menjual produk yang tidak biasa dirasakan olehnya.

“Dibilang susah jualinnya ya susah tetapi saya bangga bisa membuat olahan yang beda dari yang lain. Siapa lagi yang melestarikan kuliner Surabaya kalau bukan kita,” ungkap Elly.

Sejak bergabung dengan PNM Mekaar, Elly merasakan pertumbuhan yang luar biasa pada usaha Nasgi (Nastar Semanggi) miliknya.Ia sering mengikuti pelatihan pengembangan usaha secara gratis dari PNM dan bertemu orang-orang baru.

Elly terpikir untuk membuat nastar dengan tambahan daun semanggi. Daun semanggi kering ia blender hingga menjadi bubuk lalu dicampur dengan adonan nastar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close