Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cermat Memilih Kendaraan Umum Saat Liburan Akhir Tahun

Selasa, 24 Desember 2019 – 20:28 WIB
Cermat Memilih Kendaraan Umum Saat Liburan Akhir Tahun - JPNN.COM
Seorang petugas dinas perhubungan memeriksa kelayakan bus di Terminal Amplas Medan, Rabu (7/6) Jelang arus mudik lebaran 2018 lalu. Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat transportasi dari Unika, Soegijapranata Djoko Setijowarno, mengingatkan kepada warga yang berkegiatan saat libur Natal dan Tahun Baru secara berombongan, untuk cermat memilih kendaraan umum sebagai sarana transportasi.

"Libur akhir tahun sering digunakan untuk berlibur. Bagi yang berombongan berlibur akhir tahun harus cermat memilih menggunakan kendaraan umum yang berkeselamatan," kata Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Djoko yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia, itu juga mengingatkan kendaraan umum yang digunakan harus memenuhi persyaratan laik jalan dan terdaftar sebagai angkutan pariwisata.

Oleh karena itu, ujar dia, pemerintah dapat memberitahu kepada masyarakat yang ingin tahu kendaraan yang akan digunakan sudah memenuhi persyaratan sebagai angkutan wisata.

"Di tempat wisata dapat dilakukan ramp check terhadap angkutan wisata. Tempat istirahat bagi pengemudi belum seluruh tempat wisata menyediakan," kata Djoko Setijowarno.

Selain itu, ia juga mengemukakan perlunya upaya yang lebih gencar untuk penyediaan tempat istirahat bagi pengemudi angkutan wisata.

Hal tersebut, lanjutnya, penting supaya pengemudi mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sehingga mengemudikan kendaraan bisa nyaman dan dapat dihindari kejadian berakibat fatal kecelakaan lalu lintas.

"Jaminan keselamatan dan keamanan harus diberikan oleh pemerintah. Masyarakat wajib taat pada aturan berperjalanan yang berkeselamatan," katanya.

Pengamat transportasi dari Unika, mengingatkan kepada warga yang berkegiatan saat libur Nataru secara berombongan, untuk cermat memilih kendaraan umum sebagai sarana transportasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close