Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Chandra Sentil Irjen Dedi soal Penyebab Kematian Korban Tragedi Kanjuruhan, Jleb!

Selasa, 11 Oktober 2022 – 20:26 WIB
Chandra Sentil Irjen Dedi soal Penyebab Kematian Korban Tragedi Kanjuruhan, Jleb! - JPNN.COM
Ucapan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo soal penyebab kematian korban tragedi Kanjuruhan disorot. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan menyentil Irjen Dedi Prasetyo yang menyebut kematian ratusan suporter dalam tragedi Kanjuruhan bukan akibat gas air mata.

Menurut Dedi, penyebab kematian ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan adalah kekurangan oksigen akibat berdesak-desakan, terinjak-injak, serta bertumpuk-tumpukan.

"Jika ada yang menyatakan penyebab kematian pada peristiwa Kanjuruhan adalah berdesak-desakan dan kekurangan oksigen, berarti yang bersangkutan tidak bisa melihat dan menganalisa problem besarnya," kata Chandra kepada JPNN.com, Selasa (11/10).

Menurut Chandra, polisi seharusnya bisa melihat kekacauan di stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 itu yang berujung kematian ratusan suporter Arema FC seusai laga melawan Persebaya Surabaya.

"Berdesak-deskan dan kekurangan oksigen bermula dari kepanikan yang dapat saja disebabkan tembakan gas air mata dan oknum yang melakukan represi. Inilah yang semestinya ditindak," kata Chandra.

Irjen Dedi Prasetyo sebelumnya menegaskan gas air mata yang digunakan personel Brimob saat tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur tidak mematikan.

Dedi menyebut penjelasan itu berdasar dua keterangan ahli, yakni ahli bidang teksiologi atau racun dari Universitas Udayana dan ahli kimia dan persenjataan dari Universitas Indonesia.

"Gas air mata atau CS ini dalam skala tinggi pun tidak mematikan," kata Dedi pada Senin (10/10).

Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan tanggapi ucapan Irjen Dedi Prasetyo soal penyebab kematian korban Kanjuruhan bukan gas air mata. Kalimatnya menohok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close