Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

China Lolos dari Investigasi WHO, Gedung Putih Sewot

Senin, 15 Februari 2021 – 11:14 WIB
China Lolos dari Investigasi WHO, Gedung Putih Sewot - JPNN.COM
White House. Foto: Karen Bleier/AFP

jpnn.com, WASHINGTON DC - Gedung Putih, Sabtu (13/2), menyatakan keprihatinan mendalam tentang cara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengomunikasikan hasil investigas soal asai usul COVID-19.

Kantor kepresidanan Amerika Serikat itu juga mendesak Chin untuk menyediakan data dari hari-hari paling awal kemunculan wabah virus corona itu.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan dalam pernyataan bahwa laporan itu harus independen dan bebas dari intervensi pemerintah China.

Ia menggemakan kekhawatiran yang diangkat oleh pemerintahan mantan Presiden Donald Trump, yang juga menarik Amerika Serikat keluar dari WHO gara-gara masalah itu.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (12/2) mengatakan semua hipotesis masih terbuka tentang asal-usul COVID-19.

Ghebreyesus mengeluarkan pernyataan itu setelah Washington mengatakan ingin meninjau data dari misi yang dipimpin WHO ke China, tempat virus itu pertama kali muncul.

Sebuah misi yang dipimpin WHO, yang menghabiskan empat minggu di China untuk menyelidiki asal-usul wabah COVID-19, mengatakan minggu ini bahwa pihaknya tidak menyelidiki lebih jauh soal apakah virus itu lolos dari laboratorium, yang kemungkinan seperti itu dianggap sangat kecil.

Pemerintahan Trump mengatakan pihaknya mencurigai virus itu mungkin lepas dari laboratorium China. Kecurigaan itu dibantah keras oleh Beijing.

Gedung Putih terang-terangan mengungkapkan kekecewaan atas gagalnya WHO mengungkap peran China dalam kelahiran COVID-19

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close