Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Natuna Waspada

Jumat, 01 Desember 2023 – 14:50 WIB
Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Natuna Waspada - JPNN.COM
Ilustrasi gelombang tinggi. (ANTARA/Muhamad Nurman)

jpnn.com - NATUNA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

BMKG meminta masyarakat Natuna mewaspadai potensi cuaca ekstrem dalam memasuki musim hujan.

"Pada periode 1-3 Desember, beberapa wilayah di Natuna berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ranai Feriomex Hutagalung di Natuna, Jumat (1/12).

Dia menjelaskan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi terjadi pada pagi, siang, dan malam hari.  Kondisi demikian dikarenakan adanya pertemuan massa udara (konvergensi) dan daerah belokang angin di wilayah perairan Natuna.

"Kondisi itu memengaruhi pertumbuhan awan-awan yang berpotensi menyebabkan hujan menjadi meningkat di Kabupaten Natuna," ungkapnya.

Selain potensi hujan, dia mengatakan, peningkatan gelombang dengan kategori sedang hingga tinggi juga berpotensi terjadi di beberapa perairan di Natuna.

Menurut dia, gelombang dengan kategori sedang atau 1.25 meter - 2.5 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Kepulauan Natuna dan Midai.

Gelombang dengan kategori tinggi 2.5 meter - 4 meter berpotensi terjadi di perairan utara Kepulauan Natuna, perairan timur Kepulauan Natuna dan perairan Kepulauan Subi-Serasan.

BMKG meminta masyarakat Natuna mewaspadai potensi cuaca ekstrem dalam memasuki musim hujan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close