Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Curah Hujan Tinggi di Australia Barat Sebabkan Banjir, tetapi Petani Pisang Malah Bersyukur

Senin, 08 Februari 2021 – 18:09 WIB
Curah Hujan Tinggi di Australia Barat Sebabkan Banjir, tetapi Petani Pisang Malah Bersyukur - JPNN.COM
Banjir besar menerjang Carnarvon, wilayah utara Australia Barat, pada akhir pekan lalu dengan ketinggian air sungai mencapai 7,1 meter. (Supplied: Darcie Botica)

Wilayah Carnarvon di barat laut Australia Barat diterjang banjir besar pada akhir pekan lalu, namun sejumlah petani pisang di sana menyambut baik tingginya curah hujan dalam beberapa hari. Mitigasi bencana berjalan baik dalam menghadapi siklus banjir 10 tahunan ini.

  • Sejumlah petani pisang menyambut baik tingginya curah hujan di wilayah utara Australia Barat
  • Curah hujan tinggi telah menyebabkan banjir yang merusak infrastruktur jalan raya
  • Pemerintah setempat menyatakan mitigasi bencana di Carnarvon yang terdampak banjir terbukti berjalan baik

 

Hujan deras yang diakibatkan oleh badai angin tropis bertekanan rendah melanda wilayah perairan lepas pantai Australia Barat minggu lalu. Rekor curah hujan tinggi tercatat terjadi di Carnarvon dan Minilya.

Sungai Gascoyne, yang sempat mencapai ketinggian air hingga 7,1 meter di jembatan Nine Mile Bridge pada Sabtu pagi (06/02), saat ini sudah menyusut di bawah enam meter.

Biro Meteorologi menjelaskan Sungai Gascoyne mengalami siklus banjir rata-rata setiap 10 tahun. Pada bulan Desember 2010, sungai ini juga pernah banjir dengan ketinggian air 7,7 meter.

Pengawas Departemen Kebakaran dan Layanan Darurat (DFES) Craig Smith menjelaskan pihaknya menangani sekitar 50 permintaan bantuan darurat di daerah Carnarvon.

"Dampaknya memang tidak seburuk bila ketinggian air melebihi 7,1 meter, namun yang pasti ada sejumlah warga yang terkena dampak," katanya kepada ABC.

Craig menambahkan bahwa dampak banjir kali ini akan terasa bagi warga yang tinggal di wilayah yang lebih rendah.

Wilayah Carnarvon di barat laut Australia Barat diterjang banjir besar pada akhir pekan lalu, namun sejumlah petani pisang di sana menyambut baik tingginya curah hujan dalam beberapa hari

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close