Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cyber Attack Lumpuhkan Jaringan Komputer Korsel

Kamis, 21 Maret 2013 – 07:30 WIB
Cyber Attack Lumpuhkan Jaringan Komputer Korsel - JPNN.COM
SEOUL – Militer Korea Selatan (Korsel) menaikkan level peringatan serangan di dunia maya (cyber attack), Rabu (20/3). Itu menyusul terjadi kerusakan dan kelumpuhan jaringan komputer pada perbankan dan stasiun televisi di negeri ginseng tersebut. Kecurigaan awal tertuju pada Korea Utara (Korut) sebagai dalang di balik serangan itu.

Korea Internet Security Agency (lembaga negara Korsel yang menangani keamanan internet) menyatakan bahwa jaringan komputer pada tiga stasiun TV (KBS, MBC, dan YTN) maupun dua bank, Shinhan dan Nonghyup, lumpuh  total atau sebagian. LG Uplus, perusahaan internet service provider, juga mengalami kelumpuhan jaringan.

Saat ini, polisi dan pihak berwenang di Korsel masih menyelidiki dugaan cyber attack itu. Jaringan di sejumlah perusahaan mulai mengalami gangguan pukul 14.00 waktu setempat kemarin. Stasiun televisi YTN melaporkan bahwa 500 komputernya tiba-tiba rusak akibat mati listrik setelah karyawan menerima pesan pada komputer yang meminta agar mereka menyalakan ulang (reboot).

Jaringan internal stasiun televisi KBS juga lumpuh meski gangguan itu tidak sampai menghentikan siaran langsung mereka. Stasiun TV MBC pun melaporkan masalah serupa.

SEOUL – Militer Korea Selatan (Korsel) menaikkan level peringatan serangan di dunia maya (cyber attack), Rabu (20/3). Itu menyusul terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close