Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dahlan Iskan Menulis Tips Membangun Rumah Tahan Gempa, Ini Penting

Kamis, 24 November 2022 – 08:36 WIB
Dahlan Iskan Menulis Tips Membangun Rumah Tahan Gempa, Ini Penting - JPNN.COM
Gempa susulan hari ini masih dirasakan warga Cianjur. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dahlan Iskan mewawancarai Prof Priyo Suprobo soal gempa Cianjur yang berujung kematian ratusan warga. Data terakhir BNPB pada Rabu malam (23/11), 271 orang meninggal dunia.

"Gempa tidak pernah menyebabkan kematian. Yang bikin banyak korban itu bangunan yang tidak tahan gempa," demikian Dahlan mengutip ucapan Prof Priyo Suprobo, Disway edisi Selasa (22/11) dengan judul Korban Bangunan.

Dahlan Iskan Menulis Tips Membangun Rumah Tahan Gempa, Ini PentingKondisi ruang kelas SMKN 1 Cugenang di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, yang rusak akibat gempa dengan magnitudo 5,6 yang berpusat di barat daya Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. (ANTARA/HO-Humas Disdik Jawa Barat)

Prof Suprobo merupakan ahli teknik sipil. Disertasi doktornya tentang beban dinamis: di Purdue University Amerika Serikat.

"Soal gempa ada di dalamnya," lanjut Dahlan.

Prof Suprobo juga anggota Pusat Riset Gempa Nasional (Pusgen). Ia jadi rektor ITS Surabaya 2007 - 2011.

Gempa Cianjur itu sebenarnya hanya 5,6 skala richter. Bahwa begitu banyak bangunan yang roboh, itu pertanda disiplin yang rendah dalam memenuhi persyaratan bangunan di daerah gempa.

Menurut Dahlan, pemerintah, termasuk Pusgen sudah menerbitkan peta gempa yang sangat terperinci. Sampai per wilayah, bahkan Kementerian PUPR telah membuat pedoman pembangunan rumah tahan gempa.

Kolumnis kondang Dahlan Iskan menulis tips membangun rumah tahan gempa ala Prof Priyo Suprobo, terutama yang pakai bata merah. Ini penting diperhatikan!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close