Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dampak Banjir Parah, Menurut Faqih Warga yang Salah

Kamis, 02 Januari 2020 – 05:43 WIB
Dampak Banjir Parah, Menurut Faqih Warga yang Salah - JPNN.COM
Banjir di Cawang, Jakarta, Rabu (1/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar teknik sipil Faqih Ma'arif menilai, parahnya dampak banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya sebagai akibat masyarakat mengabaikan informasi mengenai prakiraan bencana.

Padahal, lanjutnya, Indonesia termasuk salah satu pengguna internet terbesar di dunia.

"Sangat disayangkan, Indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbesar tapi justru masyarakatnya mengabaikan informasi penting mengenai bencana," kata kandidat Doktor Bidang Ilmu Teknik Sipil dari Beijing University of Aeronautics and Astronoutics (BUUA) itu kepada ANTARA di Beijing, Rabu (1/1) malam.

Dikatakan, jika internet digunakan secara proporsional dan tepat guna, dampak banjir di Ibu Kota tersebut tidak sampai separah ini. Bahkan jatuhnya korban jiwa pun bisa dihindari.

"Kita ini pengguna Instagram terbesar keempat di dunia, pengguna Facebook terbesar ketiga di dunia dan pertama di Asia Tenggara, tapi sayang informasi penting mengenai potensi bencana diabaikan," ujar Faqih.

Faqih mengamati bahwa informasi prakiraan banjir di Jakarta dan sekitarnya sudah disajikan secara lengkap oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) jauh hari sebelumnya.

"Prakiraan itu sejak awal Desember lalu sudah ada. Bahkan untuk prakiraan Januari, Februari, dan Maret tahun ini pun sudah ada," katanya.

Selain itu, lanjut dia, aplikasi digital Google Maps pun juga tersedia informasi prakiraan banjir mulai dari Aceh hingga Papua.

Faqih Ma’arif menilai, warga Jakarta mengabaikan informasi prakiraan bencana sehingga dampak banjir Jakarta dan sekitarnya cukup parah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close