Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dampak Erupsi Merapi, 4 Desa di Boyolali Hujan Abu, Begini Penampakannya...

Minggu, 08 Agustus 2021 – 13:29 WIB
Dampak Erupsi Merapi, 4 Desa di Boyolali Hujan Abu, Begini Penampakannya... - JPNN.COM
Sejumlah rumah di empat desa di Kabupaten Boyolali, Jateng, Minggu (8/8) dilanda hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta berdampak terhadap empat desa di Kabupaten Boyolali, Jateng, Minggu.

Menurut Kepala Desa Jrakah Kecamatan Selo Boyolali Tumar, hujan abu tipis yang terjadi di Desa Jrakah masih terjadi hingga pukul 11.00 WIB.

"Tetapi tidak mempengaruhi aktivitas warga," kata dia.

Menurut Tumar, ada empat desa di kawasan lereng Gunung Merapi di wilayah Selo Boyolali yang terkena hujan abu tipis, yakni Tlogolele, Klakah, Lencoh, dan Jrakah. Daerah lainnya belum mengetahui secara pasti terkena hujan abu atau tidak.

Dia menyebut hujan abu tipis mengguyur tanaman sayuran, tembakau, jalan, dan genteng rumah, sejak Minggu sekitar pukul 05.30 WIB. Terlihat warna berubah menjadi putih tipis.

"Petani tetap pergi menggarap ladangnya dan yang bekerja lainnya tetap berjalan seperti biasa," beber dia.

Hal senada, dikatakan Kepala Desa Klakah Marwoto, hujan tipis juga terjadi di Desa Klakah atau yang terletak di sebelah barat puncak Gunung Merapi. Namun, warga tetap beraktivitas seperti biasa, kondisi tetap aman dan terkendali.

"Warga tetap tenang, aktivitas ke ladang seperti biasa. Karena, terjadi hujan abu hanya tipis tidak mempengaruhi aktivitas warga," kata Marwoto.

Erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta berdampak terhadap empat desa di Kabupaten Boyolali, Jateng, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close